Warga Boteng Gelar Sedekah Bumi dengan Tumpeng Raksasa

0 146

GRESIK- Banyak cara yang dilakukan warga berpenghasilan pertanian untuk mensyukuri hasil bumi. Warga Desa Boteng Kecamatan Menganti, Gresik, misalnya, mereka mensyukuri hasil panennya dengan menggelar ritual sedekah bumi.

Mereka membuat tumpeng raksasa, memotong satu ekor sapi, membuat ogoh-ogoh raksasa, dan membawa bermacam-macam buah-buahan. Barang-barang tersebut kemudian mereka usung mengelilingi desa. Kemudian, mereka makan bersama-sama.

Warga Boteng yang menyaksikan arak-arakan sedekah bumi tersebut terlihat antusias. Mereka rela berpanas-panasan sambil berjajar di kanan kiri jalan menyaksikan arak-arakan itu.

“Ini tradisi tahunan yang selalau kami adakan sebagai wujud syukur atas rejeki yang kami terima,” kata salah seorang Warga Boteng Subari.

Menurut dia, semua makanan dan segala perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan sedekah bumi tersebut, merupakan hasil iuran dan bantuan dari seorang donatur. “Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi para donatur untuk mensukseskan kegiatan sedekah bumi tersebut,” jelasnya.

Loading...

Sementara Pendiri RGS-SQ (Relawan Gerakan Sosial Sambari-Qosim), H. Moh Khozin mengatakan, RGS terlibat dalam kegiatan sedekah bumi tersebut. RGS selaku relawan SQ yang bergerak dalam misi sosial membantu kebutuhan untuk mensukseskan acara sedekah bumi itu.
Bantuan dari relawan tersebut berupa, pembelian kepala sapi sebagai simbul hewan warga yang selama ini digunakan membantu untuk membajak sawah.

“RGS-SQ juga membantu sejumlah uang untuk keperluan sedekah bumi. Semua itu kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Gresik untuk melestarikan tradisinya,” pungkas H. Moh Khozin. **(fiky)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More