Wakil Bupati Bojonegoro Jadi Pembina Upacara Penerimaan Siswa Baru di SMP Negeri 1 Bojonegoro

82

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Hari pertama masuk sekolah di tahun pelajaran 2019/2020, para orang tua diwajibkan untuk turut mendamppingi anak-anaknya saat upacara yang digelar di masng-masng sekolah.

Salah satunya adalah upacara yang diglar di SMP Ngeri 1 Bojonegoro yang berada di Jalan MH Thamrin Bojonegoro itu. Para orang tua/walimurid mendampingi anaka- anaknya dalam apel penerimaan dan penyambutan siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 di SMPN 1 Bojonegoro, Senin (15/7/2019) pagi.

Ada yang menarik, dalam apel penerimaan siswa-siswi baru itu, dengan Pembina upacara Wakil Bupati Bojonegoro Drs Budi IrawantoM.Pd.

Dalam kata sambutanya, Wakil Bupati Bojonegoro Drs Budi IrawantoM.Pd mengatakan, bahwa pendidikan adalah sarana penting bagi generasi muda untuk menyiapkan diri mengambil peran dan menghadapi tantangan dalam rangka membangun bangsa dan negara.

“Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, cara kita bekerja dan tentu saja cara kita belajar,” ujar pria yang akrab disapa Mas Wawan itu.

Lanjut Mas Wawan, ke depan perubahan tidak bisa dipastikan dengan mudah, namun yang harus dipastikan kepada anak-anak kita adalah bahwa semua pihak harus memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya.

“Dukungan itu dapat kita pastikan bahwa apa yang mereka pelajari adalah apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jaman,” kata Mas Wawan mengaskan.

Masih menurut Mas Wawan, dimana hari ini anak-anak baru masuk sekolah, dihadapkan dengan lingkungan baru, tahapan baru, teman baru, guru baru, suasana baru dan mungkin asing, bagi yang setelah TK melanjutkan ke SD/MI, bagi yang lulus SD/MI melanjutkan ke SMP/MTS, bagi yang lulus SMP/MTS akan melanjutkan ke SMA/SMK/MA dan seterusnya.

“Kompetensi abad 21 menuntut anak-anak untuk mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak berstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreatifitas, berfikir kritis, memecahkan masalah, komunikasi serta kemampuan berkolaborasi

Ditambahkan, pengenalan lingkungan sekolah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan program, cara belajar, sarana prasarana sekolah, penanaman konsep pengenalan, diri serta pembinaan awal kultur sekolah bagi anak-anak yang baru masuk sekolah dan sekitar, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efekttif sebagai siswa baru, mengemban interaksi positif antar siswa dan masyarakat, serta menumbuhkan perilaku ppsitif dan karakter siswa.

Tampak, Kepala sekolah SMP Negeri 1 Bojonegoro Lasiran dan Para guru dan staf, yang turut serta mengikuti upacara tersebut.

**(Kis/Red).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More