Tol Pejagan-Pemalang Bisa Dilalui Pemudik Lebaran 2018 Gratis

36

JAKARTA – Jelang mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengecekan terhadap empat proyek tol di Jawa Tengah, yakni Tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Semarang-Solo. Pemeriksaaan dilakukan pada Sabtu (26/5/2018).

Dalam peninjauan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa ruas Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang sudah dalam kondisi mantap untuk dilalui secara fungsional tanpa tarif alias gratis pada saat mudik nanti.

“Untuk laporan sekarang, ruas tol dari Brebes ke Pemalang insyaallah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap,” lapor dia saat menyambangi proyek Tol Pejagan-Pemalang.

Terkait jadwal pembukaan jalur tol tersebut, dia mengatakan, Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku koordinator pelaksanaan mudik Lebaran.

“Kita bertugas memastikan agar sarana dan prasarananya dapat digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran, atau sekitar tanggal 9 Juni (2018) saat dimulainya liburan,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, Tol Pejagan-Pemalang sepanjang ruas Brebes Timur hingga Pemalang kini kondisinya terbilang sudah bagus, dengan dilakukannya pengerasan jalan menggunakan beton (rigid pavement).

Jalur tersebut saat ini tengah menjalani uji laik fungsi dan operasi oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Adapun jalan Tol Pejagan-Pemalang yang berjarak total 57,5 km dikerjakan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, dengan nilai investasi sebesar Rp 7,26 triliun. Ruas itu sendiri untuk Seksi I dan II, sebelumnya sudah dioperasikan sampai pintu Tol Brebes Timur.

Lebih lanjut, Menteri Basuki menjelaskan, pemudik yang hendak lanjut dari Tol Cikampek menuju Brebes Timur dan melanjutkan ke Semarang, telah difasilitasi oleh pembangunan gardu tol sementara di daerah Sewaka-SS, sekitar Km 294 Tol Pejagan-Pemalang.

“Kalau dari Cikampek ke Semarang tidak keluar di Brebes bayarnya akan gratis di Sewaka ini. Setelah itu juga bakal gratis dari Brebes Timur hingga Semarang untuk mudik Lebaran,” dia memungkasi.

Sumber: Liputan6.com

Loading...
Comments
Loading...