Timnas Indonesia Juarai Grup K dan Lolos Ke Putaran Final Piala AFC Cup U19 2020

50

Garuda Lolos ke Uzbekistan tahun depan, setelah Timnas Indonesia U19 resmi menjadi juara Grup K Kualifikasi Piala Asia U19 2020 dengan koleksi 7 poin.

JAKARTA – Timnas Indonesia U19 memastikan satu tiket ke putaran final Piala Asia U19 2020 di Uzbekistan. Pasalnya, pasukan Fakhri Husaini itu telah menjuarai Grup K Kualifikasi Piala AFC U19. Hal itu, setelah bermain imbang kontra Korea Utara, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (10/11/2019).

Hanya butuh untuk tidak kalah dari Korea Utara, skuad Garuda Muda bermain penuh semangat di babak pertama. Beberapa serangan mereka lancarkan. Namun, ketangguhan barisan pertahanan dan kiper Korea Utara memaksa Indonesia belum bisa mendapatkan gol.

Justru Korea Utara asuhan Pak Kyong Bong yang mencuri keunggulan terlebih dahulu. Kesalahan barisan belakang Indonesia dihukum dengan tendangan keras Kim Kwang Chong. Ernando Ari sempat menepis bola, tetapi tetap tak mampu menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Indonesia bereaksi di babak kedua. Serangan bertubi-tubi mereka lancarkan, dibantu dengan masuknya Mohammad Supriadi serta Brylian Aldama.

Loading...

Tekanan demi tekanan dari Indonesia akhirnya berbuah manis lewat sepakan penalti Bagus Kahfi. Penalti diberikan oleh wasit setelah Bagus dijatuhkan Chae Yu Song di dalam kotak penalti.

Dengan 7 poin, Indonesia berhak menjadi juara grup dan lolos otomatis ke Uzbekistan di tahun depan. Sedangkan Korea Utara gagal mendapatkan tiket lolos sebagai salah satu tim peringkat kedua terbaik. Pasalnya sudah ada 5 tim lain yang mampu mengoleksi 6 poin atau lebih sedangkan Korea Utara hanya memiliki 5 poin saja.

Di pertandingan sebelumnya, Hong Kong berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 2-1. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pasukan Thorlakur Mar Arnason berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya di babak kualifikasi ini.

Namun, tambahan tiga poin itu tidak bisa membantu peluang Hong Kong lolos ke putaran final. Hanya bermodalkan empat poin, kans Lau Ka Kiu dan kawan-kawan untuk bersaing menjadi salah satu runner-up terbaik sudah kandas. Pasalnya tim-tim di grup lain sudah bisa mengoleksi enam poin yang tentu sudah cukup untuk menutup peluang Hong Kong.

Timor Leste, harus puas menjadi juru kunci di Grup K ini. Bermain tiga kali, sebanyak itu pula Timor Leste harus menelan kekalahan. Kebobolan 9 gol dan hanya sanggup mencetak 2 gol saja.

**(Anto/Red).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More