Tiga Group Hadrah Dari Kecamatan Baureno Raih Juara, di Festival Hadrah 2019 Kabupaten Bojonegoro

274

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN)- Festival Hadrah 1440 Hijriyah yang bertepatan dengan tahun 2019 Masehi Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, digelar sejak tanggal 27 Mei dan berakhir hingga tanggal 29 Mei 2019.

Kegiatan digelar di Lahan kosong milik Pemkab Bojonegoro atau yang biasa disebut Lapangan Gajahbolong yang berada di Jalan Raya Baureno, Bojonegoro.

Festival Hadrah yang ke-2 Tahun 2019 itu terlaksana atas kerjasama  antara Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Pimpinan Cabang Muslimat NU Bojonegoro serta Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU Kecamatan Baureno.

Festival Hadrah 2019 Kabupaten Bojonegoro yang mengambil thema “Ramadhan Karim” ini, diikuti oleh 42 ppeserta yang berasal dari perwakilan Kecamatan Se-Kabupaten Bojonegoro, baik putra maupun putri.

Dalam acara penutupan, yang berlangsung hari Rabu (28/5/2019) malam itu, dimeriahkan pula oleh Juara pertama Sofa Marwa dari Muslimat NU Kanor.

Acara ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Amir Syahid. Dalam kata sambutanya disampaikan bahwa Festival Hadrah termasuk Kalender Event Bojonegoro 2019, yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Bojonegoro itu.

Penampilan Group hadrah rahmat Desa Karangdayu, Kecamatan Baureno di acaa Festival Hadrah 2019, yang digelar di Lapangan Gajahbolong yang berada di Jalan Raya Baureno, Bojonegoro, Rabu (28/5/2019) malam.

“Alhamdulilah, kegiatan Festival Hadrah yang digelar selama 3 hari sejak Senin tanggal 26 Mei hingga 28 Mei 2019, dengan lancar dan meraih sukses,” ungkapnya.

Lanjut Amir Syahid, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan Festival Hadrah ini.

Sebelumnya, ketiga dewan juri yang terdiri dari K Miftahul Munir dari Ponpes Langitan, Widang, Tuban; RD Moch Zaini dari Disbudpar Lamongan dan Yuli Setyanto seniman dari Bojonegoro itu, telah berembug dengan a lot untuk menentukan pemenang Festival Hadrah 2019 itu.

Loading...

Akhirnya, berhasil diputuskan dan diumumkan pemenang di akhir hari ketiga lomba tersebut. Adapun, pemenang Festival Hadrah adalah sebagai berikut, juara 1 diraih oleh Group Hadrah Miftahul Jannah dari Desa Alasgung, Kecamatan Sugihwaras. Juara 2 diraih oleh Group Hadrah Arrahmat dari Desa Karangdayu, Kecamatan Baureno; Juara 3 diraih oleh Group Hiwa Nada dari Kedungadem.

Sedangkan, pemenang Festival Hadrah, untuk juara harapan 1 diraih Ashabul Wifi Desa Baureno, Kecamatan Baureno; Juara 2 group Al Muria dari Desa Ngrandu, Kecamatan Kedungadem; Juara 3 diraih Group Selonita Arbanis dari Desa Selorejo, Kecamatan Baureno.

Hadiah untuk juara 1 tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta 500 ribu; untuk juara 2 tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta; untuk juara 3 tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta 500 ribu.

Camat Baureno Luluk Alifah saat menyerahkan tropy dan uang pembinaan kepada Kades Karangdayu Agus Romadhon yang mewakili Group Hadrah Ar Rahmat sebagai juara 2 di Festival Hadrah 2019, yang digelar di Lapangan Gajahbolong yang berada di Jalan Raya Baureno, Bojonegoro, Rabu (28/5/2019) malam.

Hadiah untuk juara harapan 1 tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta ; untuk juara 2 tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta 500 ribu; untuk juara 3 tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta.

Dengan demikian, wilayah Kecamatan Baureno berhasil memboyong tiga hadiah sekaligus, yakni sebagai juara ke 2 yaitu Hadrah Ar Rahmat dari Desa Karangdayu; Group hadrah Ashabul Wifi Desa Baureno raih juara harapan ke-1 dan Group Selonita Arbanis dari Desa Selorejo. Dimana, ketiga group tersebut berasal dari Kecamatan Baureno.

Sementara itu, Kepala desa Karangdayu Agus Romadhon usai menerima tropy dan uang pembinaan group Hadrah Ar Rahmat kepada rakyatindependen.co.id mengatakan, bahwa pihaknya merasa bangga atas diraihnya predikat sebagai juara ke 2 oleh Group Hadrah Ar Rahmat yang berasal dari Desa Karangdayu itu.

“Dijaman yang milenial seperti sekarang ini, melihat anak muda yang memiliki potensi di bidang keagamaan termasuk berkessenian hadrah semacam ini, membuat pemerintah desa dan warga Desa Karangdayu sangat bersyukur sekaligus bangga,” kata pria yang akrab disapa Mas Agus itu menegaskan.

Selanjutnya, pihaknya berharap dengan diraihnya predikat juara 2 di Festival Hadrah 2019 ini, diharapkan bisa jadi memicu semangat untuk group hadrah di dusun yang lain khususnya dan desa-desa yang lain pada umumnya.

Tampak hadir di acara penutupan Camat Baureno Luluk Alifah beserta Forpimcam, Para kepala desa di wilayah Kecamatan Baureno dan undangan lainnya.

**(Kis/Red)

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy