Ternyata, Timun Bisa Turunkan Kadar Asam Urat

251

INFO SEHAT – Mentimun merupakan sayuran populer di seluruh dunia. Rasanya yang menyegarkan karena mengandung banyak air mampu memuaskan dahaga dan menawarkan sifat pendinginan yang manjur. Satu buah mentimun mengandung 96 persen jumlah air dan kulitnya mengandung vitamin A tingkat tinggi.

Sayuran ini juga menjadi sumber mineral pembentuk alkali yang mampu mencegah penyakit dan bakteri. Selain itu, mentimun merupakan sumber vitamin A dan C, kalium, fosfor, folat, mangan, molibdenum, silika, sulfur, dan vitamin B kompleks, natrium, dan kalsium dalam jumlah yang lebih sedikit.

Mentimun mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan, dan adanya senyawa polifenol yang kuat, secara alami dapat memperlambat penuaan karena stres oksidatif.

Para peneliti dari Institute of Pharmaceutical Sciences di Haryana, India, menemukan bahwa flavonoid dan tanin dalam mentimun mungkin bertanggung jawab atas efek radikal bebas dan efek analgesik. Oleh karena itu, konsumsi teratur antioksidan alami dari sayuran, buah, teh, dan herbal, dapat menyeimbangkan kebutuhan antioksidan Anda.

Mentimun memiliki segudang manfaat kesehatan, berikut di antaranya:

Loading...

  • Mentimun menurunkan kadar asam urat di persendian, dengan demikian mampu mencegah peradangan dan beberapa kondisi, seperti asam urat, radang sendi dan asma.
  • Jus mentimun merupakan diuretik kuat yang dapat menghilangkan racun melalui urine dan membantu menghancurkan batu ginjal
  • Jus mentimun kaya akan mineral alkali yang mengatur pH darah dan mengobati tukak lambung dan duodenum.

  • Mengatur tekanan darah berkat kandungan mineralnya
  • Melawan retensi air dan mengembalikan hidrasi sel-sel tubuh
  • Mentimun mengandung silika tinggi yang membantu konstruksi jaringan ikat yang tepat dalam tubuh seperti pada tulang, otot, tulang rawan, ligamen, dan tendon.
  • Jus mentimun dapat menormalkan suhu tubuh sehingga mampu menurunkan demam.
  • Meletakkan dua irisan mentimun di mata selama 10 menit, dapat mengurangi bengkak
  • Timun kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membantu mengatasi beberapa masalah kulit, seperti eksim, psoriasis, jerawat, dan lain-lain.
  • Jus mentimun kaya akan sulfur dan silikon yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Pilihlah mentimun organik untuk dikonsumsi. Atau, pastikan Anda selalu mengupas kulitnya sebelum dikonsumsi. Untuk mempertahankan kesegaran mentimun, simpan di lemari es, atau jika sudah dipotong, bungkus atau simpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es.

Sumber: Healthy Food House

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More