Sodetan Kali Gandong Terealisasi, Warga Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber Gelar Tasyakuran

68

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Banjir bandang selalu menghantui warga di Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur ini.

Banjir bandang itu, selalu menerjang sebuah dusun yang berada di selatan Waduk Pacal itu, akibat luapa air yang berasal dari Sungai Kali Gandong yang mengitari dusun tersebut. Banjir bandang tak hanya sekali dalam setahun, tapi setiap hujan deras apsti terjadi banjir.

Akibat banjir yang melanda Dusun Sugihan yang letaknya berada di pinggir hutan jati itu bisa menimbulkan kerugianmaterial bahkan mengakibatkan trauma bagi warganya.

Usulan sodetan Kali Gandong menjadi satu-s-atunya solusi agar tak ada lagi banjir banjir bandang di Dusun Sugihan itu. Sodetan dilaksanakan dengan cara menggali sungai baru untuk diluruskan alias disodet menuju ke arah Waduk Pacal yang berada di barat laut Dusun Sugihan itu.

Dikarenakan sodetan itu melintasi lahan hutan milik Perum Perhutani itu sehingga membutuhkan proses prizinanan dan berbagai persyaratan lainnya yang harus dilakukan oleh pihak Pemerintah desa Kedunsumber sehingga prosesnya sangat panjang dan melelahkan. Usulan sudah masuk tahun 2009 silam dan baru terealisasi di bulan Juli 2019 ini.

Berkat kegigihan Keapla desa Kedungsumber Ir Sukardi yang terus mengurusi perizinan dan berbagai persyaratan dan dukungan dari Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mua’awanah membuat program sodetan terealisasi dan bisa dimulai pengerjaannya, Rabu (31/7/2019).

Saking gembiranya akan dilakukan sodetan Kali Gandong yang bakal membebaskan warga dari banjir bandang itu, membuat masyarakat menggelar Tasyakuran atas rahmat yang diterimanya itu. Warga menggelar kenduri alias tumpengan saat hendak dimulainya pekerjaan sodetan itu tersebut.

Sodetan Kali Gandong Terealisasi, Warga Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber Gelar Tasyakuran 1
Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mua’awanah, saat menghadiri acara syukuran dimulainya proyek sodetan Kali Gandong yang berada di Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (31/7/2019).

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah berkenan hadir saat dimulainya kegiatan sodetan Kali Gandong yang berada di Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro ini.

Dalam kata sambutannyam, Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah, akrab disapa, bahwa pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kedungsumber, berkat doa warga Dusun Sugihan dan warga di Desa Kedungsumber ini, membuat pembuatan Sodetan Kali Gandong itu sudah bisa terealisasi.

“Pemerintah telah berjuang keras sejak tahun 2009 dan sodetan Kali Gandong itu baru dilaksanakan di tahun 2019 ini,” ujar Bu Anna.  

Selanjutnya warga masyarakat sekitar harus mengawal pembuatan sodetan Kali Gandong sehingga bisa berjalan lancar dan sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.

“Setelah dilaksanakan sodetan Kali Gandong ini, masyarakat harus menjaganya, jangan samapai dikotori, termasuk jangan membuang sampah ke Sodetan Kali Gandong ini,” ungkap Bupati wanita pertama di Bumi Angling Dharma ini.

Masih menurut Bu Anna, Ke depan diharapkan di tepi (pinggiran Jawa red)  Sodetan Kali Gandong dapat ditanami bambu agar tidak terjadi abrasi.

Sebelumnya, Kepala desa Kedungsmber Ir Sukardi menyampaikan bahwa masyarakat Kedungsumber sudah sejak lama menunggu adanya Sodetan Kali Gandong ini.

Para Warga saat mengikuti Tasyakuran saat akan dimulainya proyek sodetan Kali Gandong yang berada di Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (31/7/2019).

Warga desa Kedungsumber sangat antusias dan bersyukur dengan adanya sodetan Kali Gandong ini. Bentuk syukur mereja dituangkan dalam acara kenduri alias selamatan sebelum memulai pekerjaan sodetan Kali Gandong tersebut

“Masyarakat menggelar kenduri dan melakukan doa bersama sebelum dimulainya sodetan Kali Gandong tersebut. Dengan harapan semoga proyek tersebut bisa berjalan lancar dan meraih sukses,” ungkap pria yang sebelumnya memiliki usaha kayu jati itu.

Masih menurut Bu Anna, masyarakat lebih antusias dan semangat saat hadir Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam proyek tersebut.

“Dengan adanya sodetan Kali Gandong ini, dapat mengurangi bencana alam banjir yang hapir terjadi setiap tahunnya. Warga merasa dihantui oleh banjir bandang yang bisa dibilang menjadi langganan bagi warga Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber ini,” tegasnya.

Masih menurut pria yang akrab disapa Mas Kardi itu, atas nama masyarakat desa Kedungsumber, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah yang telah merealisasikan program tersebut.

“Atas nama pribadi, masyarakat Dusun Sugihan, Kecamatan Kedungsumber dan Pemerintah desa Kedungsumber, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bojonegoro Ibu DR Hj Anna Mua’wanah dan semua pihak yang telah membantu hingga terealisasinya sodetan Kali Gandong ini,” katanya dengan bersemangat.

Diakhir sambutanya, Mas Kardi berharap semoga, setelah dilaksanakannya sodetan ini membuat Dusun Sugihan tak banjir lagi dan terbebas dari banjir bandang yang selalu mengancam warga di dusun Sugihan itu.

Tampak hadir, Camat Temayang Imam Cahyono, Kepala Dinas PU Sumberdaya air Edy Suprapto, Perwakilan dari Perum Perhutani, serta undangan lainnya.

**(Yus/Red.

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More