Setelah Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia U-22 Berhak Melaju ke Final Piala AFF

0 109

JAKARTA – Timnas Indonesia U-22 melaju ke babak final Piala AFF U-22 usai mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0, yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019).

Pada babak pertama, pertandingan berlangsung cenderung membosankan. Kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol setelah bermain selama 45 menit.

Permainan semakin menarik saat ada di babak kedua. Masing-masing tim mulai berani jual-beli serangan dan bermain lebih keras lagi.

Timnas Indonesia U-22 memiliki peluang emas mencetak gol di awal-awal babak kedua, tepatnya di menit ke-48. Kesempatan itu bemula dari umpan silang Witan Sulaeman dari sisi kanan.

Bola melambung ke tiang jauh tersebut mampu disundul dengan dengan baik oleh Marinus Wanewar. Akan tetapi, sundulan Marinus bisa ditepis kiper Phan Ban Bieu yang berdiri di posisi yang tepat.

Sundulan Marinus tidak bisa diantisipasi dengan baik oleh Ban Bieu. Hanya saja, bola liar itu bisa dibuang jauh oleh Ban Bieu sekaligus menghilangkan peluang Timnas Indonesia mencetak gol.

Pada menit ke-60, dua pemain Timnas Indonesia U-22 mendapat kartu kuning yakni Osvaldo Haay dan Firza Andika. Keduanya bermain terlalu kasar dan harus lebih berhati-hati agar tidak dikeluarkan dari pertandingan.

Gawang Vietnam akhirnya mampu dijebol Timnas Indonesia U-22 pada menit ke-70. Gelandang Luthfi Kamal berhasil mengeksekusi tendangan bebas dengan baik.

Usai memecah kebuntuan, Timnas Indonesia U-22 semakin mantap melancarkan serangan-serangan berbahaya. Serangan berbahaya tersebut terjadi salah satunya pada menit ke-73.

Gelandang Timnas Indonesia U-22 mencoba memberikan umpan terobosan mendatar kepada Marinus Wanemar ke dalam area kotak penalti. Akan tetapi, bola dari Witan terlampau kencang sehingga tidak sempat dieksekusi dengan baik oleh Marinus.

Satu gol dari Timnas Indonesia U-22 jelas mempengaruhi mental bermain Vietnam. Di sisi lain, Timnas Indonesia U-22 panen kartu kuning ketiga lewat Witan Sulaeman pada menit ke-80.

Tanpa ada tambahan gol di sisa laga Timnas Indonesia U-22 menang 1-0 atas Vietnam dan berhak melaju ke final Piala AFF U-22. Di final Piala AFF U-22 2019 yang berlangsung Selasa (26/2/2019) di Stadion Olimpiade, Timnas Indonesia U-22, akan menghadapi pemenang laga Kamboja vs Thailand.

Susunan Pemain:

Timnas Vietnam U-22: Phan Ban Bieu; Nguyen Van Dat, Tran Duc Nam, Tran Thanh Son, Dung Quang Nho, Nguyen Huu Thang, Nguyen Van Hanh, Phan Thanh Hau, Nguyen Hoang Duy, Nguyen Hung Thien Duc, Le Va Xuan

Timnas Indonesia U-22: Awan Setho Raharjo; Marinus Mariyanto Wanewar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Muhamad Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman, Osvaldo Ardiles Haay, Firza Andika, Asnawai Mangkualam Bahar, Gian Zola Nasruloh Nugraha, Sani Riski Fauzi.

*) Artikel ini sebelumnya sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia U-22 ke Final Piala AFF