Pramuka Bojonegoro Peduli Lingkungan, Berkomitmen Mengurangi Sampah Plastik

49

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, peringati HUT Pramuka yang Ke 58, yang jatuh di tanggal 14 Agustus 2019. Acara digelar di Alun-alun Kota Bojonegoro, Rabu (14/8/2019).

Apel besar Hari Pramuka di Kabupaten Bojonegoro itu, mengangkat issue tentang gerakan peduli Lingkungan dengan mengajak seluruh Pramuka bersama masyarakat untuk berkomitmen mengurangi sampah plastik, mengingat Indonesia ini termasuk negara yang besar dalam produksi sampah plastik di dunia.

Wakil Kwarcab Pramuka Kabuapten Bojonegoro Hj Nurul Azizah melaporkan bahwa peserta yang mengikuti apel besar kali ini berjumlah 13 ribu peserta. Guna menimbulkan cinta lingkungan sehingga para peserta diberi tumbler atau sebuah wadah minum.

Menurut wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bahwa pemberian tumbler keapda epserta upacara tersebut adalah salah satu gerakan membawa bekal dari rumah saat hendak ke sekolah.

Lanjut Nurul Azizah, hal itu bertujuan agar anak-anak selalu membawa bekal makanan dan minuman dari rumah yang sehat dengan dibungkus tumbler itu.

“Jika membawa bekal dari rumah dengan wadah tumbler itu, maka mereka tidak jajan yang dibungkus dengan plastic sehingga mengurangi penggunaan plastik sebab sebagian besar jajan itu selalu dibungkus plastik,” ungkap Nurul Azizah, serius.

Ditambahkan, bahwa pramuka merupakan sistem pendidikan non formal. Dimana, Pramuka adalah wahana untuk membentuk karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda.

“Pramuka juga meruapkan tempat menempa ketrampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa kedisiplinan serta membangun semangat kebersamaan untuk mencapai kedewasaan. Makanya, ke depan pramuka harus lebih baik dan maju,” ungkap Nurul Azizah.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah mengatakan bahwa pihaknya sangat sangat mendukung dengan adanya kegiatan yang digelar dalam Hari Pramuka ke 58 yang digelar di Kabuapten Bojonegoro ini.

“Gerakan yang dilaksanakan di Hari Pramuka di Kabupaten Bojonegoro ini sejalan dengan tema besar Hari Pramuka yaitu “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, kata wanita yang akrab disaap Bu Anna itu menegaskan.  

Masih menurut Bu Anna, bahwa masalah yang sedang dihadapi bangsa saat ini adalah masalah lingkungan. Oleh sebab itu, lingkungan perlu ditangani dengan sangat serius.

“Bencana dan kerusakan alam yang sering terjadi, salah satunya adalah karena sampah. Untuk itu perlu diberikan wawasan bagi generasi muda bagaimana mereka bisa mengolah sampah menjadi barang yang baik mempunyai manfaat dan nilai ekonomi bagi masyarakat,” ungkap Bupati Wanita pertama di Bumi Angling Dharma ini.

Tamapk hadir, Pj Sekda Bojonegoro Abimanyu, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, Dandim 0813 Bojonegoro, Ketua FKUB KH Alamul Huda, Jajaran OPD, dan Pramuka Se Kabupaten Bojonegoro.

Sedangkan Wakil Bupati Bojonegoro Drs H Budi Irawanto, mewakili Bupati Bojonegoro dengan mengikuti upacara Hari Pramuka tingkat Jawa timur yang digelar di Gedung negara Grahadi, Surabaya.

**(Kis/Red).  

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More