Pra TMMD Ke-104 Kodim 0812/Lamongan, Resmi Dimulai

0 51

LAMONGAN (RAKYAT INDEPENDEN) – Pemukulan gong oleh Bupati Lamongan H. Fadeli, menandai dimulainya Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104, yang dilaksanakan oleh Kodim 0812/Lamongan.

Pembukaan dimulainya Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 itu, disampaikan oleh Dandim 0812/Lamongan Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa, dalam rilisnya di wilayah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin (21/1/2019).

Dandim mengatakan, pembukaan Pra TMMD ke-104 tahun 2019 itu, dilaksanakan di Desa Kelorarum, Kecamatan Tikung, Lamongan.

“Dengan dibukannya Pra TMMD ini, langkah awal bagi prajurit TNI, Polri dan masyarakat untuk bekerja menyelesaikan program yang telah direncanakan,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, Pra TMMD merupakan program terpadu yang melibatkan unsur TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Pemerintah Daerah, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tujuan Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang mengakomodasikan aspirasi masyarakat, terutama masyarakat pedesaan yang betul-betul membutuhkan bantuan,” ucapnya.

Ditambahkan Dandim, program Pra TMMD ini dirancang melalui mekanisme bottom up planning atau perencanaan yang berorientasi dari bawah, yaitu dari desa yang disebut Rembug Desa.

“Tindak lanjutnya pada rapat pada tingkat Kecamatan, lalu dibahas pada tingkat Kabupaten untuk kemudian diprogramkan pada TNI Manunggal Membangun Desa,”jelasnya.

“Target kegiatan Pra TMMD ini adalah 60 sampai 70 persen, untuk sisanya akan dilanjutkan pada Program TMMD ke depan,”jelas Sukma Yudha.

Dijelaskan Sukma, sasaran pokok pada Pra TMMD ini antara lain pembangunan pasar 12 petak, sasaran fisik rabat jalan dengan panjang 858 meter dengan lebar empat meter serta ketebalan 20 cm. Selain itu, terdapat obyek tambahan mulai dari normalisasi saluran irigasi sepanjang 1000 meter, lapangan bola voli dan bedah rumah 25 unit.

“Kegiatan Pra TMMD ini akan dilaksanakan sekitar 30 hari ke depan kemudian untuk selanjutnya sekitar satu atau dua bulan dilanjutkan dengan melaksanakan program TMMD,” ungkapnya.

Dijelaskannya, hambatan yang akan dihadapi dalam kegiatan ini terutama faktor cuaca yang telah memasuki musim penghujan. Dirinya berharap peran serta aktif masyarakat bersama dengan personel TNI-Polri serta aparat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan jajaranya, dapat bersama-sama bersinergi dalam program kegiatan tersebut.

“Kami berterima kasih kepada pimpinan daerah, warga masyarakat dan seluruh komponen masyarakat yang sudah membantu berjalannya kegiatan ini,” kata Letkol Sukma Yudha menegaskan.

Pada acara tersebut, dilakukan penyerahan alat-alat kerja secara simbolis kepada perwakilan TNI-Polri, pemerintah kabupaten dan masyarakat.

Sumber: Dispenad