Petani Tembakau Asal Bulu Sugihwaras Ini, Kelola Tanamanya Dengan Lebih Modern

271

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Sejak dulu, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur itu, petaninya suka menanam tembakau. Hanya saja, petani yang dulunya suka menanam tembakau virginia itu, kini beralih menanam tembakau jenis Jawa.

“Saya beralih ke tembakau jenis Jawa sebab harga daun tembakau jawa itu cukup bagus dan stabil. Kalau dulu saya tanam tembakau virginia, sekarang sudah beralih ke tembakau jenis Jawa. Saya beralih ke tembakau jenis Jawa sejak tahun 2017 lalu,” kata petani tembakau Sijan (55), saat ditemui di lahannya, Kamis (2/8/2018) sore.

Ditambahkan, bagi petani yang masih merajang tembakau, biasanya masih tanam tembakau virginia, yang biasa dijual ke perusahaan rokok yang melakukan pembelian tembakau rajangan di wilayah Bojonegoro ini.

Tapi, bagi petani tembakau yang pengen praktis, dengan cara menjual daun basah mereka memilih “berhijrah” ke tembakau jenis Jawa.

“Tahun ini, saya tanam bibit tembakau jenis Jawa sebanyak 6 ribu. Alhamdulillah, perkembangan tanaman tembakau saya yang berusia 40 hari ini, sudah cukup bagus,” ujarnya.

Tampak, tanaman tembakau milik Sijan asal Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang tumbuh baik dan subur yang dikelola dengan cara yang lebih maju dan modern. Saat ditemui rakyatindependen.co.id, Kamis (2/8/2018).

Berdasarkan pantauan rakyatindependen.co.id pengelolaan tanaman tembakau di lahan milik Sijan itu terkesan sudah selangkah lebih maju. Dalam mengairi tembakaunya, dia membuat sumur yang berada di barat lahan miliknya dengan dikasih pompa air alias diesel.

Selanjutnya, air itu dialirkan ke penampungan yang berada di tengah sawahnya yang kemudian disedot lagi dengan pompa air yang dialirkan dengan selang untuk disemprotkan ke tanaman tembakau layaknya orang yang sedang menyiram kembang alias bunga.

Menurut Sijan, dengan menyiramkan menggunakan selang seperti menyiram bunga itu, maka tanaman tembakau yang memperoleh air yang cukup sehingga tanaman tembakaunya bisa tumbuh dengan baik dan subur.

Selain, meringankan kerja dengan menyiram menggunakan pompa air alias diesel itu, tembakau lebih subur sehingga hasil tembakau akan makin baik sehingga duit yang diperoleh dari panen tembakau itu akan semakin meningkat sehingga membuat petani tembakau bisa makin bahagia.

**(Kis/Red).

Loading...
Comments
Loading...