Pemdes Tlatah, Purwosari, Gelar Musrenbangdes 2019 Untuk Pembangunan 2020

76

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Musrenbandes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) adalah forum perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik, yaitu pemerintah desa, bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.

 

Hal itu, seperti halnya dengan kegiatan Musrenbangdes yang digelar oleh Pemerintah desa (Pemdes) Tlatah, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang berlangsung di balai desa setempat, yang dimulai pukul: 09:00 WIB, Rabu, (16/01/2019).

 

Pelaksanaan Musrenbangdes Tahun 2019 diselenggarakan untuk Kegiatan Pembangunan tahun 2020 mendatang.  Kegiatan ini dihadiri dari berbagai elemen dan unsur masyarakat, yakni, para ketua RT, Ketua RW, BPD, Waliamanah, Tokoh pemuda. Tokoh Masyarakat, LPMD, Tokoh Agama dan Perangkat Desa setempat,

 

Dalam Musrenbangdes tersebut, Kepala Desa Tlatah Suswijayati memberikan paparan atau Penjelasan hasil-hasil Pembangunan desa yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2018 lalu.

 

“Pembangunan yang dilaksanakan tersebut merupakan amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPdes) serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber Keuangan yang masuk melalui Rekening Kas Desa sebagai wujud transparansi Pengelola keuangan desa,” tegas Kepala Desa Tlatah Suswijayati, Rabu (15/1/2019).

 

Ditambahkan, perencanaan usulan Tahun 2020 di paparkan dengan lugas oleh Tim Penyusun RKPdes Tlatah merupakan Rekapitulasi hasil usulan masyarakat dalam pelaksanaan Musyawarah Dusun yang telah dipilah – pilah sesuai dengan kewenanganya.

 

Usulan yang masuk menjadi kewenangan Desa dan biayanya berasal dari APBDes, yang bersumber dari ADD, DD, Banprop dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten. Selanjutnya usulan yang berasal dari desa itu akan dibawa ke Musrenbangdes Kecamatan karena usulan dimaksud masuk dalam Kewenangan Pemerintah Kabupaten.

 

Sekcam Purwosari Saad Mujadid saat menyampaikan sambutan di Musrenmbangdes 2019 untuk pembangunan tahun 2020, yang diselenggarakan di balai desa Tlatah,Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (15/1/2019).

Suswijayati menambahkan, pihaknya berharap agar Musrenbangdes ini adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan untuk tahun 2020. Dimana, hasil darimusyawarah itu disampaikan ke peserta musyawarah agar bisa melaksanakanmusyawarah dengan baik dan menghasilkan usulan dengan skala prioritas.

 

“Musrenbangdes yang dilaksanakan itu, bisa lebih mengedepankan musyawarah dengan melihat Pembangunan apa yang perlu didahulukan atau skala prioritas sehingga usulan tersebut bisa direalisasikan pada Pembangunan Desa Tlatah untuk Tahun Anggaran 2020 mendatang ” tegas Kepala Desa Tlatah.

 

Sedangkan, Team 2 dari pihak Kecamatan Purwosari dipimpin oleh Sekcam Purwosari, Saad Mujadid, menyampaikan harapannya Agar Masyarakat Desa Tlatah mengusulkan rencana pembangunan untuk desanya untuk rencana pembangunan tahun 2020.

 

“Kami berharap agar masyarakat berpartisipasi dalam memberikan usulan pembangunan apa saja yang perlu diusulkan dilingkungan masing-masing,” ungkap Sekcam tersebut.

 

Saad Mujahid berharap semoga warga Desa Tlatah akan terus bersemangat atau bersinergi dalam membangun Desa sebab menurutnya, tak boleh ada kata berhenti dalam membangun Desa.

 

Sementara itu, Kapolsek Purwosari AKP Yaban,SE, melalui Ipda Suparlan dalam sambutannya menekankan pentingnya kondisi desa yang aman dan tertib. Jika Desa dalam kondisi aman dan tertib maka pemerintah desa bisa melaksanakan pembangunan dengan baik.

 

“Perlu adanya sinergitas antara pemerintah desa dengan masyarakat sehingga pembangunan desa bakal terealisasi dengan baik,” kata anggota Polsek Purwosari, Ipda Suparlan,menegaskan.

 

Musrenbangdes yang berlangsung di Balai desa Tlatah itu, dihadiri oleh Forpimka Kecamatan Purwosari, yakni Sekcam Purwosari Saad Mujadid, anggota Polsek Purwosari Ipda Suparlan, anggota Koramil Sertu Imam, Ketua BPD, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Peternakan dan Dinas PLKB serta undangan lainnya.

 

**(Yan/Red ).

 

Loading...