Musim Penghujan Ini, Dimanfaatkan Oleh Anggota Kodim 0813 Bojonegoro Tanam Ribuan Bibit Mahoni

64

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Musim penghujan tahun ini, dimanfaatkan oleh anggota Kodim 0813 Bojonegoro untuk menanam 2.640 batang bibit pohon penghijauan jenis mahoni ditanam di kanan kiri ruas jalan nasional/provinsi, Jum’at (4/1/2019) pagi.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Musriyono menjelaskan bahwa penanaman pohon penghijauan tersebut, sebagai upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global yang ada di Indonesia umumnya dan di wilayahnya yaitu di Kodim 0813 Bojonegoro ini.

“Kegiatan ini, merupakan kerjasama antara Pemprov Jawa Timur dengan Kodam V Brawijaya, yang serentak dilaksanakan mulai tanggal 4 Januari 2019 ini,” demikian dikatakan Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Musriyono.

Untuk kegiatan diwilayah Kodim 0813 Bojonegoro, bibit pohon penghijauan ditanam di sepanjang ruas kanan kiri jalan Bojonegoro-Pajeng yaitu perbatasan Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Nganjuk, yang keduanya berada di wilayah Provinsi Jawa timur.

“Jenis bibit pohon yang ditanam merupakan tanaman menahun. Untuk wilayah Koramil Dander 1,7 kilometer, yakni Desa Ngumpakdalem dan Desa Sumberarum. Sedangkan di wilayah Posramil Temayang 4,3 kilometer yang meliputi Desa Buntalan, Belun, Temayang, Kedungsari dan Kedungsumber kita tanam bibit pohon mahoni,” ungkapnya.

Sementara itu, saat memimpin pelaksanaan penanaman, Danramil 0813-04/Sugihwaras Kapten Inf Paryanto mengatakan bahwa penanaman pohon penghijauan dilakukan dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

“Bibit pohon yang kita tanam, untuk menambah komunitas tanaman yang akan berkontribusi menambah oksigen. Sehingga, akan mewujudkan lingkungan yang sehat,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Kapten Inf Paryanto mengatakan bahwa agar lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Bojonegoro, diharapkan partisipasi masyarakat untuk menjaga keberlangsungan tanaman tersebut.

“Kerjasama semua pihak diperlukan untuk mengawasi dan merawat tanaman ini. Agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Termasuk menjaga agar tak ada oknum yang merusak bibit pohon yang sudah kita tanam ini,” katanya sambil berharap.

**(Yus/Red).

Loading...