Misteri Perkampungan Ghaib, di Area Pendopo Kantor Kecamatan Baureno, Bojonegoro

0 3,288

Malam hari, berada di area Pendopo Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, dengan lampu penerangan menyala terang benderang. Namun, aura ghaib masih sangat terasa yang membuat bulu kuduk sering merinding.

Sering terlihat bayangan hitam yang melintas di kanan dan kiri Pendopo Kantor Kecamatan Baureno. Setelah ditoleh, ternyata tak ada apa-apa. Begitu berjalan ke toilet yang berada di belakang itu, maka bulu kuduk makin terasa merinding saja.

Menurut penuturan warga setempat, lahan yang ditempati Pendopo Kantor Kecamatan Baureno itu, dulunya adalah makam warga. Tak hanya itu, di lokasi tersebut juga ada sendang yang biasa digelar sedekah bumi atau nyadran di situ.

Seiring perkembangan jaman, sendang tersebut sudah tak lagi digelar sedekah bumi dan beberapa makam dipindahkan karena di situ didirikan sekolah SD atau yang biasa disebut SD Inpres tersebut.

Hanya saja, pembangunan gedung SD tersebut tak berlangsung lala, sebab sekolah tersebut tak dapat murid. Sehingga SD tersebut di merger dan gedung sekolahnya dibongkar, setelah itu baru ditempati Pendopo dan Kantor Kecamatan Baureno.

Bangunan boleh berganti dari SD ke Kantor Kecamatan, namun suasana “singkluk” itu, hingga saat ini masih terasa. Di lokasi situ sering terlihat penampakan, namun warga tak merasa terganggu dengan kondisi tersebut.

“Biasa, terlihat sekelebat bayangan namun tak ada orang. Hal itu, sering dialami warga di sini. Yang penting, mereka tak mengganggu kami,” kata salah seorang tokoh warga setempat, yang enggan disebutkan namanya.

Seorang paranormal terkenal Mbah Jo Jimat, saat diminta untuk melakukan penerawangan adanya makhluk ghaib yang ada di area Pendopo Kantor Kecamatan Baureno itu membenarkan jika di area kantor itu terdapat perkampungan “bangsa lelembut”.

“Ada perkampungan bangsa lelembut atau kamnpung wong saleh yang ada di area Kantor Kecamatan hingga di seberang utara Jalan, yaitu di lahan kosong tersebut. Disitu ada perkampungan dimensi 2 yang dihuni oleh orang-orang kuno yang muksa atau mereka yang pernah hilang digondol makhluk ghaib,” ungkap paranormal yang tinggal di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro itu.

Masih menurut Mbah Jo Jimat, memang benar sering ada bayangan hitam yang melintas di situ. Sebab di area situ, terdapat perkampungan ghaib yang dihuni sekitar 50 rumah bangsa lelembut yang hidup layaknya manusia biasa.

“Tak sembarang orang bisa melihat makhluk ghaib yang ada di perkampungan bangsa lelembut itu. Jika bisa melihatnya, maka anda akan tahu, bahwa mereka juga hidup berdampingan layaknya kehidupan kita,” ujarnya.

Ditambahkan, terkadang bayangan mereka yang melintas bisa mengacaukan pengguna jalan. Seakan-akan ada orang menyeberang, setelah dihindari ternyata nggak ada siapa-siapa. Sehingga, pengguna jalan yang melintas di situ harus ekstra berhati-hati dan waspada jika melintas di depan Pendopo Kantor Kecamatan Baureno atau yang biasa disebut Jalan Raya Gajahbolong, Baureno itu.

“Jika tak berhati-hati dan selalu waspada maka bisa menjadi celaka,” kata Mbah Jo menegaskan.

**(Kis/Red).