Minuman Yang Bikin Kulit Kusam, Hindari Mengonsumsinya Saat Buka Puasa

73

JAKARTA – Kering, kusam hingga diraba kasar. Mungkin ada yang merasakan kulitnya demikian saat berpuasa.

Wajar, karena memang saat berpuasa, tubuh kita tidak menerima asupan air selama 13 jam lebih, mulai dari subuh hingga magrib.

Terlebih, cuaca panas, dan polusi di perkotaan rasanya menjadi makanan sehari-hari.
Kondisi seperti ini membuat kulit kering dan kusam. Kulit kering terjadi karena kekurangan mineral, nutrisi, serta antioksidan tubuh.

Adapun ciri-ciri kulit kering, yakni permukaan kulit terlihat kasar, timbul retakan, kemerahan, dan bersisik, ketika diraba pun terasa kasar.

Dermatologis Weny Yulisandrarini menyarankan agar menghindari jenis minuman yang mengandung kadar gula tinggi, seperti soda, sirup, kopi, hingga teh manis saat berbuka puasa.
Mengapa harus dihindari?

“Untuk kulit jangan konsumsi soda, kafein, atau teh karena tubuh akan kehilangan cairan lebih cepat. Minuman yang mengandung glukosa juga berbahaya diminum saat buka puasa berisiko naik asam lambung,” ungkap Weny saat di peluncuran produk Royal Jelly JAFRA, di Jakarta Selatan, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya, Anda bisa melakukan beberapa trik kulit tetap cantik, segar dan lembap saat berpuasa.

Salah satu triknya minum air putih lebih banyak.
Khasiat pada air putih tentu sudah tidak diragukan lagi. Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menghindari kulit kering dan kusam.

Agar tidak bosan, Weny menyarankan agar membuat infused water dengan menambahkan buah-buahan ke dalamnya.

Juga perhatikan asupan gizi anda.
Saat puasa, disarankan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, E dan C. Kandungan ini bisa didapatkan dari buah-buahan, seperti apel, semangka atau tomat.

Makanan yang mengandung Vitamin K dan D juga dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit.
Selain itu, nutrisi dari karbohidrat, gula dan protein perlu Anda seimbangkan saat sahur dan berbuka.

“Kalau nutrisi kita kurang baik, bisa membuat kulit tampak kering, kusam, dan tampak lebih tua. Jadi harus mulai sadar akan pentingnya mengontrol asupan nutrisi kia,” tandasnya.

Sumber: Tribun Lifestyle

Loading...
Comments
Loading...