Minum Jus Buah Bit, Bisa Turunkan Derita Hipertensi

53

INFO SEHAT – Dengan warna merah keunguan dengan bau dan rasa yang kurang enak, menjadi salah satu alasan, mengapa banyak orang tidak menyukai jus bit.  Namun, jika diperhatikan manfaat atau khasiat kesehatannya terutama untuk pasien hipertensi, maka minum segelas jus bit akan menjadi kebiasaan yang sangat positif.

Melansir dari News Max Health, sebuah penelitian baru di Inggris menerangkan dengan minum segelas jus buah bit yang dilakukan setiap hari dipercaya dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, terutama pada para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Bit dan berbagai sayuran berdaun hijau lainnya memiliki kandungan banyak nitrat inorganik.  Seperti diketahui dalam tubuh manusia nitrat inorganik akan diubah menjadi nitrit oksida yang dapat membantu membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan melebar.

Penelitian ini memakai dan mengamati sekitar 64 orang penderita  tekanan darah tinggi. Dari setengahnya, para peserta penelitian ini diminta mengonsumsi obat antihipertensi namun tanpa pencapaian tekanan darah yang ditargetkan para dokter.

Adapun sisanya, adalah peserta yang telah didiagnosa menderita tekanan darah tinggi tanpa mengkonsumsi obat apa pun.

Selama 4 (empat) pekan, secara acak semua peserta penelitian disuruh mengkonsumsi jus bit atau berbagai jenis jus buah lainnya yang tidak mengandung nitrat. Kemudian hasil penelitian ini menjelaskan mereka yang mengkonsumsi jus bit dapat mengalami penurunan tekanan darah.

Hasil penelitian ini dengan mengkonsumsi segelas jus bit setiap hari, para penderita tekanan darah tinggi berhasil menurunkan tensi darahnya.

Hasil yang sama juga didapat para peserta yang memiliki tekanan darah tinggi dan tidak dapat dikendalikan oleh obat-obatan. Dengan demikian hasil penelitian ini menjadi jawaban betapa pentingnya minum segelas jus buah bit.

*) Artikel ini sebelumnya sudah tayang di: Tempo.co