Mencegah Dehidrasi Saat Mudik dan Balik, Lebaran 2019

88

INFO SEHAT (RAKYAT INDEPENDEN) – Perjalanan mudik dan arus balik Lebaran agaknya cukup menyita waktu dan tenaga. Apalagi bagi mereka yang mudik melalui jalur darat seperti naik bus atau menggunakan kendaraan pribadi.

Maka, stamina tubuh harus dipersiapkan, khususnya demi mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh yang kerap menyerang para pemudik dan mereka yang balik lebaran itu.

Ahli gizi, Jansen Ongko, mengingatkan bahwa dehidrasi bisa mengintai para pemudik dan balik lebaran. 

“Jika tidak dicegah atau diatasi, dehidrasi dapat menyebabkan tubuh merasa pusing, mata berkunang-kunang, hingga rasa mual dan tak nyaman pada perut,” ujar Jansen pada CNNIndonesia.com melalui surat elektronik, jelang Lebaran

Loading...

Jansen memberikan beberapa tips untuk mencegah dehidrasi saat mudik perjalanan jauh.

1. Hindari minuman tinggi gula
Daripada air putih, minuman manis jelas menawarkan kenikmatan lebih. Namun, minuman ini akan menyerap persediaan air dalam tubuh. Akibatnya, organ tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

“Proses pencernaan yang bekerja lebih keras akan membuat risiko dehidrasi meningkat karena minimnya cairan di dalam tubuh,” imbuh Jansen. 

2. Hindari minuman berkafein
Demi menghalau kantuk di perjalanan, tak jarang kopi selalu jadi kawan akrab. Ada pula yang memilih teh karena sama-sama mengandung kafein meski lebih rendah. 

Jansen mengingatkan, kedua minuman itu sebaiknya tak masuk daftar bekal yang layak dikonsumsi saat perjalanan mudik. 

Jansen menjelaskan, kopi dan teh memiliki sifat diuretik yang membuat frekuensi keluarnya urine meningkat. Pengeluaran urine terus-menerus otomatis akan membuat cairan dalam tubuh lebih cepat terbuang sehingga risiko dehidrasi meningkat. 

3. Konsumsi makanan tinggi kandungan air
Minuman manis dan berkafein sudah ‘terbuang’ dari daftar bekal perjalanan mudik. Sebagai gantinya, beberapa makanan dan minuman bisa disiapkan untuk mencegah dehidrasi.

Sup
Sup termasuk menu makanan yang mudah dibuat. Sup dengan campuran kaldu ayam dan sayuran bisa mencegah dehidrasi karena kandungan cairan serta nutrisi seperti vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. 

Sayur dan buah
Sayur dan buah bisa memasok cairan untuk tubuh. Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti daun selada, brokoli, dan mentimun. 

Selain itu, siapkan pula buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi seperti melon, semangka, apel, dan pir.

Air kelapa muda
Para pemudik juga disarankan untuk meminum air kelapa muda. Kandungan elektrolit alami di dalamnya dapat membantu tubuh terhidrasi lebih lama dan menambah energi yang diperlukan selama mudik.

*) Artikel sebelumnya sudah tayang di: CNN Indonesia

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy