Mbah Sun Temukan Benda Ghaib “Kol Buntet” Saat Menggali Drainase

603

MISTERI (Rakyat independen)- Suntari (59) seorang warga Dusun Karangrejo, Kecamatan Karangdayu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Rabu (26/7/20160 lalu, menemukan “Kol Buntet” yang ukuranya cukup besar dan berupa batu yang menyerupai kol alias Keong darat itu.

Penemuan itu sempat membuat banyak orang mendatangi Suntari dan pengen tahu secara langsung “Kol Buntet” itu. Pasalnya, menurut kepercayaan orang Jawa kuno bahwa “Kol Buntet” itu merupakan benda yang mempunyai kekuatan ghaib yang diyakini bisa dipakai untuk berbagai keperluan secara ghaib.

Cerita ditemukannya “Kol Buntet” itu, saat Suntari yang sehari-harinya bekerja sebagai kuli bangunan itu, menggali tanah untuk pembangunan drainase atau saluran air yang berada di Pertigaan Dusun Karangrejo, Desa Karangdayu, Kecamatan Baureno itu, hingga dia menemukan batu yang berbentuk keong darat itu.

“Batu yang berbentuk keong darat itu ada di dalam batu besar, setelah batunya berhasil dipecah ternyata di dalamnya ada batu yang berbentuk keong darat atau yang biasa dibilang “Kol Buntet”. Setelah itu, saya bawa pulang. Siapa tahu, barang itu memang “Kol buntet,” ungkap Suntari.

Pria yang akrab disapa Mbah Sun itu, mengaku sebelum menemukan “Kol Buntet” itu, malamnya mimpi dikasih makan sama orang tua. Ternyata, besoknya dia menemukan “Kol Buntet” yang saat ini disimpan dalam rumahnya dan ditempatkan di dalam ember yang dikasih air.

“Setiap kali, kol buntet itu tak lihat. Suatu malam, “Kol Buntet” itu seperti sedang bernafas karena terlihat keluar angin berbentuk bulatan kecil-kecil menuju ke permukaan air. Lantas, besoknya turun hujan. Tapi, kalau gak bernafas, juga gak ada hujan. Apa memang benda itu bisa memberikan isyarat tentang hujan,” kata Mbah Sun dengan tanda tanya.

Salah seorang tokoh masyarakat Karangdayu Kariyo kepada rakyatindependen.co.id mengatakan kalau “Kol Buntet” yang ditemukan Mbah Sun merupakan keong darat jaman dulu kala, karena bentuknya cukup besar dan bentuknya cukup bagus dan indah.

“Kalau menurut pendapat saya, itu kol jaman dulu kala. Kemungkinan kol itu bertapa hingga menjadi batu. Bentuknya persis seperti keong darat dengan warna putih dengan ukuran yang cukup besar dan indah,” kata Kariyo yang sehari-hari menjabat Ketua LPMD Desa Karangdayu itu.

Sementara itu, seorang Paranormal terkenal Bojonegoro Mbah Jo Jimat mengatakan, “Kol Buntet” yang ditemukan oleh Mbah Sun itu, merupakan keong darat jaman dulu yang sudah berubah menjadi batu dan termasuk fosil.

“Kol buntet yang ditemukan Mbah Sun itu, hanyalah fosil biasa dan tidak memiliki kekuatan ghaib karena dalam kol itu tidak ada khadamnya,” tegas pria yang tinggal di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jatim itu.

Sekedar diketahui, hingga saat ini masih banyak warga yang penasaran pengen tahu “Kol Buntet” penemuan Mbah Sun itu secara langsung. Sehingga, rumahnya Mabh Sun sering didatangi warga sekitar yang penasaran pengen tahu “Kol Buntet” itu. **(Tim Misteri).

Loading...
Comments
Loading...