Mall Pelayanan Publik, Diresmikan Oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah

0 180

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa timur, terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakatnya. Peningkatan pelayanan tersebut diwujudkan dengan di bukanya Mall Pelayan Publik, yang berada di Jalan Veteran, Bojonegoro, Rabu (9/1/2018) siang.

Dalam Soft Launching Mall Pelayanan Publik, tampil memberikan sambutan Pj Kabag Organisasi dan tata laksana (Ortala) Setkab Bojonegoro Mujianto dalam kata sambutanya menyampaikan bahwa didirikannya Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Bojonegoro tersebut adalah untuk memberikan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

“Tujuan berdirinya Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Bojonegoro ini, adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai jenis pelayanan dalam satu lokasi yang dengan sistem terintegrasi antar layanan serta terjadi sinergitas antar pelayanan tersebut,” ungkap Mujianto,

Ditambahkan, ruang lingkup pelayanan pada Mall Pelayanan Publik itu, meliputi seluruh pelayanan perizinan dan non perizinan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan daerah dan serta pelayanan badan usaha milik negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Dalam Mall pelayanan publik Kabupaten Bojonegoro ini, baru menampung 30 instansi pelayanan baik yang berasal dari Pemkab Bojonegoro, instansi pusat di daerah, maupun instansi pelayanan lain yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini, dengan jumlah 199 layanan.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, dalam kata sambutanya mengatakan, Didirikannya Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Bojonegoro ini, mengacu telah ditetapkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 maka Pelayanan Publik merupakan salah satu dari delapan Area Perubahan.

Acuan lain adalah adanya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik, yang merupakan upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.

TamMall Pelayanan Publik, yang berada di yang berada di Jalan Veteran, Bojonegoro, Rabu (9/1/2018) siang.

“Dengan begitu, dimaksudkan muncul adanya perubahan baru terhadap tata cara pemerintah dalam melaksanakan pelayanan public,” ungkap Bupati wanita pertama di Bumi Angling Dharma itu.

Masih menurut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – menambahkan bahwa dalam hal pelayanan, Kabupaten Bojonegoro pada dasarnya telah banyak melahirkan berbagai bentuk pelayanan yang semakin memudahkan masyarakat.
“Guna meningkatkan pelayanan itu, maka kita harus berinovasi tentang bagaimana bisa semakin meningkatkan pelayanan yang prima terhadap masyarakat sehingga masyarakat akan merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah itu,” ujar politisi PKB itu, serius.

Di akhir sambutanya Bu Anna menyampaikan bahwa Mall Pelayanan Publik ini, merupakan bentuk layanan public dalam satu atapa atau satu wadah sehingga outputnya masyarakat akan semakin “dimanjakan” dalam berbagai bentuk pelayanan publik yang dibutuhkannya itu.

“Harapan kami, agar para petugas terus mengembangkan dan mendekatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga mereka merasa aman, nyaman. Dengan begitu, masyarakat merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat itu,” tegas Bu Anna.

Di era digital semua sudah di dalam genggaman, semua ASN (Aaratur Sipil Negara) harus mampu melayani masyarakat dengan baik, sebab itu merupakan instrument penting sebagai support pembangunan dan sistem yang ada.

Tampak hadir, Jajaran Forkompimda Kabupaten Bojonegoro, Kepala Biro Organsiasi Setda Provinsi Jatim, Pj Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD lingkup Pemkab Bojonegoro, Instansi Vertikal dan perbankan di Wilayah Kabupaten Bojonegoro, serta undangan lainnya.

Perlu diketahui Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro, sudah siap memberikan layanan, yakni,
1. Instansi lingkup Pemkab Bojonegoro terdiri dari 18 instansi dengan jumlah pelayanan sebanyak 149,
2. Instansi pemerintah pusat di kabupaten terdiri dari 4 instansi dengan jumlah layanan sebanyak 16,
3. Perbankan terdiri dari 3 bank dengan jumlah layanan sebanyak 8 layanan,
4. BPJS terdiri dari 2 unit dengan jumlah layanan sebanyak 13,
5. PT. Pos dan Giro dengan jumlah layanan sebanyak 3,
6. PLN dengan jumlah layanan sebanyak 5,
7. PDAM dengan jumlah layanan sebanyak 5.

**(Kis/Red).

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy