Lapar Saat Tengah Malam, Sebaiknya Makan Apa?

50

KESEHATAN – Lapar tengah malam kerap menyiksa. Apalagi jika Anda sedang dalam program diet. Godaan lapar tengah malam menyerang tanpa ampun. Tidak jarang program diet pun akhirnya kandas sebelum berhasil.

Ketika lapar tengah malam sedang melanda, mi instan sering menjadi peredanya. Padahal mengonsumsi mi instan sebelum tidur jelas tidak dianjurkan. Sebab, mi instan mengandung kalori yang sangat tinggi.

Anda tidak beraktivitas saat tidur, sehingga tidak ada pembakaran kalori yang seharusnya dibakar setelah mengonsumsi mi instan. Mengonsumsi mi instan sebelum tidur tidak hanya mendorong kenaikan berat badan dan menggagalkan diet.

Selain itu, mengonsumsi mi instan sebelum tidur juga dapat memicu serangan jantung dan diabetes. Anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri Anda, bukan? Hormon pemicu lapar memang meningkat saat malam hari.

Meski begitu, sebelum memutuskan untuk makan mi instan, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah Anda benar-benar membutuhkan makanan atau rasa lapar terjadi hanya di dalam pikiran Anda.
Rasa lapar yang terjadi hanya di dalam pikiran biasanya tidak disertai dengan perut keroncongan.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu buru-buru memutuskan untuk makan mi instan saat lapar tengah malam.
Hasrat makan tengah malam didorong oleh berbagai hal.

Bisa didorong oleh kebiasaan atau keadaan emosi, seperti stres. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kita benar-benar membutuhkan makanan untuk mengatasi lapar tengah malam?

Jika Anda telah memastikan bahwa perut Anda keroncongan dan benar-benar membutuhkan makanan, maka ajukan pertanyaan pada diri Anda sendiri.

Seberapa laparkah diri Anda?

Jika rasa lapar itu tidak begitu krusial, maka Anda cukup memakan cemilan ringan. Pastikan cemilan ringan tersebut adalah cemilan yang mengandung protein dan lemak yang baik untuk tubuh, seperti kacang-kacangan.

Namun, jika rasa lapar itu terasa cukup kuat dan cemilan saja tidak cukup, maka konsumsi lah buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi. Salah satu buah yang kaya akan kandungan nutrisi adalah kiwi.

Tahukah Anda, dibandingkan dengan alpukat ternyata kiwi mengandung vitamin E dan serat lebih banyak? Bagaimana jika cemilan dan buah-buahan ternyata tidak berhasil meredakan lapar?

Jika ini terjadi, mungkin Anda perlu meninjau kembali makan malam Anda. Anda akan kesulitan tidur, jika makan malam Anda tidak cukup.

Ketika makan malam, pastikan Anda mengonsumsi cukup karbohidrat. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi protein dan lemak yang terkandung dalam telur, daging, atau makanan laut. Pastikan juga ditambah sayuran yang lebih banyak.

Menu yang seimbang tentu membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga lapar tengah malam pun tidak datang. Selain itu, juga dapat meminimalisir gagal diet. Ingat, jangan buru-buru memutuskan untuk makan mi instan ya!

Sumber: Serambinews.com

Loading...
Comments
Loading...