Kunker di Bojonegoro, Pangdam V Brawijaya Berikan Arahan Anggotanya Agar Tetap Netral di Pemilu 2019

0 131

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman beserta rombongan laksanakan kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodim 0813/Bojonegoro. Dalam kunjungan ke Kota Migas itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman didampingi Ny Mia Kusmiati, dari Surabaya menuju ke Bojonegoro dengan menggunakan transportasi kereta api (KA) Maharani, Kamis (10/1/2019).

Orang nomor satu di Jajaran Kodam V Brawijaya itu, dengan didampingi Asintek Kolonel Inf Darwis Efendi beserta rombongan, tiba di Stasiun Kota Bojonegoro Kamis (10/1/2019) sekira pukul 07:35 WIB, dengan disambut Danrem 082/CPYJ Kol Arm Budi Suwanto dan Dandim 0813 Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, untuk selanjutnya menuju Pendopo Malowopati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, yang berada di Jalan P Mas Tumapel, Bojonegoro, Jawa timur.

Pangdam V/Brw Mayjen TNI Arif Rahman beserta rombongan begitu masuk Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro disambut dengan Tarian selamat datang Parang Barong. Selanjutnya, diterima oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah di Rumah dinas (Rumdin), untuk sarapan pagi dan coffe morning serta berbincang-bincang tentang kondisi wilayah Kabupaten Bojonegoro yang berada di wilayah Kodim 0813 Bojonegoro itu.

Usai beramah tamah, menerima cindera mata dan foto bersama, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman beserta rombongan, langsung bertolak ke Kodim 0813 yang berada di Jalan HOS Cokro Aminoto 58, Bojonegoro itu.

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, seluruh Perwira, Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro. Kemudian, dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Pangdam V/Brawijaya dan Ibu Ketua Persit KCK Daerah V/Brawijaya Ny Mia Kusmiati, serta foto bersama dengan seluruh Perwira Kodim 0813/Bojonegoro di depan Makodim.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman saat memberikan pembinaan kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodim 0813/Bojonegoro, Kamis (10/1/2019).

Selanjutnya, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, menujuke ruang rapat yang berada diKodim 0813 Bojonegoro, memberikan pembinaan kepada Perwira, Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro itu.

“Danramil dan Babinsa adalah ujung tombak angkatan darat selain alutista untuk menjaga Kedaulatan NKRI. Peran Babinsa selain membatu masyarakat juga harus bisa deteksi dini dan cegah dini adanya gangguan keamanan di wilayahnya dengan cara penguasaan kewilayahan,” demikian disampaikan oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Kamis (10/1/2019).

Masih menurut Arif Rahman, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil dan Babinsa yang telah turut serta menjaga keamanan yang bekerja sama dengan 3 (tiga) pilar sehingga wilayah Kodim 0813 Bojonegoro tetap kondusif.

“Peran Babinsa sangat dirasakan masyarakat karena terbukti mampu membantu kesulitan masyarakat termasuk para petaninya, sehingga hasil survei, TNI mampu memperoleh predikat paling teratas tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam Brawijaya juga mengingatkan bahwa sebentar lagi Bangsa Indonesia memiliki gawe besar yaitu adanya pelaksanaan Pemilu 2019.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dengan didampingi Ketua Persit KCK (tengah), dengan didampingi Danrem 082/CPYJ Kol Arm Budi Suwanto (kanan) dan disambut Dandim 0813 Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, saat tanam pohon di halaman Kodim 0813 Bojonegoro secara simbolis, dalam kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodim 0813/Bojonegoro, Kamis (10/1/2019).

“TNI harus menjaga netralitas dengan tdk mendukung maupun mengarahkan masyarakat ke salah satu calon. Tugas TNI adalah membatu kepolisian untuk menjaga dan mengamankan Pileg dan Pilpres 2019, agar kondisinya tetap aman dan kondusif,” ungkap Arif Rohman.

Ditambahkan, saat ini banyak issu berupa berita bohong alias berita Hoax yang meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, salah satu tugas Danramil dan Babinsa adalah turut serta berperan menangkal issu atau berita Hoax yang beredar di masyarakat.

Diakhir sambutanya, pihaknya meminta bawahanya agar selalu jaga kesehatan dan keamanan diri maupun keluarga. “Jaga kesehatan, hindari pelanggaran, laksanakan tugas dengan ketulusan dan keikhlasan,” pungkasnya.

Selanjutnya, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Forpimda beserta rombongan tiba di PB14 EMCL (Exxon Mobil Cepu Limited), sekira pukul 12:05 WIB, dengan disambut oleh Ali Masyar dari SKK Migas Jabanusa, M. Nurdin dari EMCL, Dave A Seta dari EMCL dan Reximawardijaya dari EMCL.

“EMCL merupakan obyek vital nasional strategis. Sehingga kita harus mensyukuri karunia Tuhan yang mana EMCL yang ada di Bojonegoro ini, mampu memproduksi minyak sebanyak 220 ribu barel per hari, hingga bisa mendukung minyak nasional sebesar 30 persen,” ujar Ali Masyar wakil dari SKK Migas tersebut.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman saat foto bersama Danrem 082/CPYJ Kol Arm Budi Suwanto (kanan) dan Dandim 0813 Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, serta perwira, staf dan Danramil Jajaran Kodim 0813, saat kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodim 0813/Bojonegoro, Kamis (10/1/2019).

Wakil dari SKK Migas Ali Masyar, juga memberikan apresiasinya atas kunjungan kerja Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, yang didampingi Forpimda Kabupaten Bojonegoro beserta rombongan ke EMCL itu.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam kata sambutanya mengatakan, bahwa semua sumber daya alam yang ada tidak ajaib sehingga kita harus berdoa atas keberkahan sumber daya alam berupa migas (minyak dan gas bumi) yang melimpah ini.

“Produksi migas bisa menyusut dan habis, sehingga Kabupaten Bojonegoro akan tetap mempertahankan pertanian dan sebagai lumbung pangan sehingga ke depan Blora, Bojonegoro dan Ngawi itu akan membangun jembatan atar 3 (tiga) Kabupaten yaitu Blora, Bojonegoro dan Ngawi dan direncanakan akan secara bersama membangun bendung gerak untukmencukupi kebutuhan pengairan di tiga wilayah yang bertetangga ini,” ungkap wanita yang akrab disapa Bu Anna itu.

Turut kunjungan kerja, Kapok Sahli Pangdam V/Brawijaya Kolonel Inf Dian Sundiana,SE,MM, beserta Ibu; Asrendam V/Brawijaya Kolonel Kav Sahid Sahabidin,SH,M.Si, beserta Isteri; Asintel Kasdam V/Brawijaya, Kolonel Inf Darwis Efendi beserta Isteri;
Aspers Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Lukman Hakim beserta Isteri.

Turut dalam rombongan, Aslog Kasdam V/Brawijaya Kolonel Czi Hari Pahlawantoro beserta Isteri; Aster Kasdam V/Brawijaya Kolonel Czi Wakhyono S.Sos beserta Isteri; Kapendam V/Brawijaya Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto,SIP; Kasmin Pangdam V/Brw Letkol Inf Luky Onodera; Waasops Kasdam V/Brawijaya Letkol Inf Fadly Mulyono; Pabungkol
Pangdam V/Brawijaya Letda Cba R. Ari Widodo,SH; Adc. Pangdam V/Brawijaya; Adc. Ibu Ketua Persit KCK Daerah V/Brawijaya.

**(Kis/Red).