Kronologi Tuti Tursilawati TKI Yang Di Eksekusi Mati DI Arab Saudi, Padahal Dia Diperkosa Lalu Bunuh Majikannya

0 254

Nasional –  Kronologi Tuti Tursilawati TKI Yang Di Eksekusi Mati DI Arab Saudi, Padahal Dia Diperkosa Lalu Bunuh Majikannya , Buruh MIgran atau TKI Tuti Tursilawati dikabarkan di eksekusi Mati oelh pemerintah Arab saudi pada Senin 29 Oktober lalu. Eksekusi mati ini ternyata tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pemerintah Indonesia.

Tuti Tursilawati, TKI asal Majalengka, berangkat ke Arab Saudi pada 2009. Tujuannya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tuti bekerja sebagai penjaga lansia pada sebuah keluarga di Kota Thaif. Di sana, ia bekerja selama 8 bulan dengan sisa gaji tak dibayar 6 bulan.

Berdasarkan laman Serikat Buruh Migran Indonesia, Tuti ditangkap kepolisian Arab Saudi pada 12 Mei 2010 atas tuduhan membunuh ayah majikannya, Suud Mulhaq Al Utaibi. Tuti ditangkap sehari setelah kejadian pembunuhan.

Kronologi Tuti Tursilawati TKI Yang Di Eksekusi Mati DI Arab Saudi

Kronologi Tuti Tursilawati TKI Yang Di Eksekusi Mati DI Arab Saudi

Setelah membunuh korban, Tuti Tursilawati kabur ke Mekkah dengan membawa perhiasan dan uang 31.500 riyal Arab Saudi milik majikannya. Dalam perjalanannya ke Mekkah, Tuti diperkosa 9 pemuda Arab Saudi. Mereka juga mengambil perhiasan dan uang yang dibawa Tuti. Sembilan pemuda tersebut telah ditangkap dan dihukum sesuai ketentuan hukum Arab Saudi.

Baca juga :  WNI Di Bunuh Di Malaysia Jasadnya Membusuk DI Dalam Lemari

Sejak ditangkap dan ditahan pihak kepolisian, Konsulat Jenderal RI Jeddah melalui satgasnya di Thaif, Said Barawwas, memberikan pendampingan dalam proses investigasi awal di kepolisian. Kemudian, Said Barawwas juga mendampingi proses investigasi lanjutan di Badan Investigasi.

Selama proses investigasi, Tuti Tursilawati mengakui pembunuhan ayah majikannya. Ia beralasan sering mendapatkan pelecehan seksual dan kekerasan. Apa yang dilakukannya adalah pembelaan diri.

Permohonan peninjauan kembali terhadap kasus Tuti sempat dikabulkan oleh pengadilan di Arab Saudi. Pemerintah pun mengupayakan pembebasan terhadap Tuti, namun TKI asal Majalengka itu keburu dieksekusi.

Tuti Tursilawati Kerap Di Siksa dan Dilecehkan secara seksual oleh Majikannya

tuti tursilwati

Dari penjelasan yang diterima pihak keluarga, tindakan pembunuhan yang dilakukan Tuti kepada majikannya merupakan upaya pembelaan diri. Tuti sering mendapat tindakan kekerasan, termasuk ancaman pemerkosaan. “Innalillah, duka mendalam untukmu Tuti Tursilawati.” Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care Anis Hidayah menulis status dalam akun Facebooknya, Selasa, 30 Oktober 2018, setelah menerima kabar eksekusi Tuti dari seorang temannya di Kementerian Luar Negeri, tadi pagi.

Menurut Anis, Tuti dieksekusi mati oleh pemerintah Arab Saudi tanpa pemberitahauan resmi kepada pemerintah Indonesia. “Kemarin pagi jam 9 waktu Arab, Tuti Tursilawati dieksekusi mati di Arab Saudi tanpa notifikasi kepada pemerintah Indonesia.” Anis menulis di akun Facebooknya. Ia meminta maaf tidak bisa menyelamatkan Tuti.

Eksekusi mati yang dialami Tuti Tursilawati menambah daftar buruh migran yang dieksekusi mati pemerintah Arab Saudi tanpa pemberitahuan resmi kepada pemerintah Indonesia. Mereka antara lain Yanti Irianti, Ruyati, Siti Zaenab, dan Karni.

Anis meminta pemerintah Arab Saudi berhenti membunuh buruh migran Indonesia sebab hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia. Ia pun meminta pemerintah Indonesia menghapuskan hukuman mati.

 

Kronologi Tuti Tursilawati TKI Yang Di Eksekusi Mati