Konflik Lagu Sunset Ditanah Anarki Antara Jerinx SID Dan Via Vallen Berikut Klarifikasi Masing – Masing

25

Seleb – Konflik Lagu Sunset Ditanah Anarki Antara Jerinx SID Dan Via Vallen Berikut Klarifikasi Masing – Masing, Lagu Sunset Di Tanah Anarki MIlik SID yang sering di cover beberapa band dan penyanyi ternyata berujung konflik namun tidak dengan kesemua pengcover namun hanya salah satunya yakni Via Vallen yang kebetulan perna membawakan lagu milik SID tersebut.

Awal kemarahan Jerinx personil dari SID menurutnya Via Vallen telah merubah makna lagu tersebut ketika dibawakan dengan genre dangdut.

Melihat reaksi Jerinx, Via pun mempertanyakan mengapa hanya dia saja yang diserang oleh drummer SID tersebut.

Sementara masih banyak penyanyi dangdut lainnya yang juga membawakan Sunset di Tanah Anarki milik SID.

Klarifikasi Via Vallen Lagu Sunset Ditanah Anarki

“Kenapa harus saya ( SAJA ) ???

Semoga klarifikasi dari saya ini sedikit bisa meluruskan beberapa hal yang sudah di anggap salah
Mohon di geser sampe tuntas agar tidak ada kesalahpahaman.”

Ia juga melampirkan capture video YouTube yang mencantumkan banyak penyanyi dangdut mengcover Sunset di Tanah Anarki.

Lagu Sunset Ditanah Anarki

Menjawab pertanyaan Via Vallen, Jerinx SID membeberkan alasannya mengapa ia hanya menyerang penyanyi dangdut satu ini.

Hari ini, Senin (12/11/2018), Jerinx baru saja membeberkan alasannya via Instagram.

Penjelasan Dari Jerinx SID soal Lagu Sunset Ditanah Anarki

“Kenapa saya cuma serang satu penyanyi? Karena utk tipe penyanyi genre tersebut, dia yg paling terkenal.

Dan imbasnya bakalan besar untuk menyadarkan penyanyi lain yg -baik sengaja/tidak- cari makan dengan cara merusak ruh lagu orang lain.

Baca juga :  Begini Kronologi Ditangkapnya Claudio Martinez Karena Kepemilikan Ganja

Sama seperti bagaimana dulu hanya SID yg dilarang manggung oleh penguasa karena kami menolak reklamasi Teluk Benoa, sementara band-band lain yg ikut menolak job nya lancar lancar saja.

Saya tak butuh lebih banyak ketenaran, SID sudah punya market yg setia sejak lama.
Saya angkat isu ini sekarang karena kami baru rilis album dan tak mau lagu-lagu baru kami diperlakukan seperti SDTA

jerinx sid

Saya juga tak lakukan ini untuk materi. Pihak istana ingin membeli lagu saya saja saya tolak. Kami bukan pelacur.

Silakan google. Saya hanya inginkan kesadaran. Jika tak paham akan lirik/esensi lagu SID, tolong jangan dirusak. Dan jika paham, lakukanlah dengan kesadaran dan itikad baik; untuk sesama, sejarah, masa depan, serta bumi pertiwi.

Terima kasih,

JRX.”

Sebelum ini, Jerinx SID sempat mengungkapkan kekecewaanya terkait cover lagu Sunset di Tanah Anarki yang dilakukan Via Vallen tanpa izin.

Menurut Jerinx, lagu Sunset di Tanah Anarki yang memiliki makna mendalam seharusnya bisa dinyanyikan Via Vallen dengan tujuan selain menghibur.

Ia berharap dengan popularitas yang dimiliki Via, penyanyi asal Sidoarjo ini bisa berkontribusi untuk mengingatkan orang-orang soal sejarah 65, perjuangan Kendeng, atau lainnya.

Terlebih saat ini Via merupakan penyanyi dangdut paling populer.

Jerinx sendiri mengaku ia tak menuntut soal nominal dari Via Vallen atau penyanyi lain yang mengcover lagu milik Superman is Dead.

“Mungkin banyak pertanyaan. Kenapa baru sekarang saya sentil VV?

Simpel. Karena album SID yg baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yg sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplo nya. Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi; memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut.

OK 2013, lagu Sunset di Tanah Anarki kami ikhlaskan, mindset kami saat itu cukup naif; anggap saja membantu struggling musician. Sampai dia bikin DVD segala, dikomersilkan, rapopo

Nah, kekesalan ini muncul setelah melihat transformasi seorang VV. Di mana posisinya saat ini, VV harusnya sudah belajar jadi manusia, jangan bisanya hanya mengambil saja.

Selama ini nyanyi SDTA ribuan kali, lirik lagu kami ga ada artinya bagi dia? Setelah sukses, apa yg kamu bisa lakukan utk mengapresiasi karya yg membawamu ke tempat yg lebih baik?

Dengan followers berjuta, minimal berkontribusilah utk gerakan melawan lupa, atau pelurusan sejarah 65, perjuangan Kendeng, dll, ada banyak sekali hal yg bisa VV lakukan tanpa harus keluar duit

SID sudah pasti akan bangga jika VV, atau siapapun yg hidup dari karya SID, manfaatkan fame nya utk cinta yg lebih besar. Bukan hanya tuk perkaya diri dan keluarganya. Ini yg membuat saya marah.

Selama ini nyanyi SDTA apa ya yg ada di dalam kepalanya?

Lagu ini pesannya besar, sungguh humanis, pun disampaikan dengan lirik dan video klip yg sangat literal. Wajar saya merasa mereka dengan sadar merendahkan substansi lagu ini atas nama popularitas semata. Itu sangat manipulatif dan menjijikkan

Saya ga akan nuntut nominal apapun dari VV atau penyanyi lain yg pernah/masih hidup atas karya SID. Hanya berharap kalian lebih bijak ketika berurusan dengan musik kami.

SID bukan cuma band. Kami lebih besar dari hiburan. Uang, fame, rupa, bukanlah segalanya, ada hal yg lebih tinggi bernama INTEGRITAS.

Terima kasih,

JRX.”

Video Via Vallen Bawakan Lagu SUnset Ditanah Anarki