Khasiat Buah Belimbing Untuk Pengobatan Asam Urat Tinggi

331

TIPS SEHAT – Selain terkandung dari beberapa jenis makanan, zat purin pun secara alami memang dihasilkan oleh tubuh. Di dalam tubuh, zat purin akan diuraikan dan diproses hingga menghasilkan zat asam urat secara otomatis.

Sebagian akan dibuang melalui urin dan sebagian lagi melalui feses. Akan tetapi, jika kadar asam urat terlalu banyak, tubuh akan mengalami kesulitan untuk membuangnya. Sehingga bisa menimbulkan penumpukan dan pembengkakan kristal asam urat dan efeknya akan terjadi asam urat.

Jika demikian, tubuh akan merakan beberapa gejala asam urat mulai dari kemerahan, sendi bengkak, panas dan terasa sangat nyeri, bahkan sendi menjadi kaku. Penderita asam urat mudah mengalami rasa tidak nyaman dan sakit karena kadar asam urat yang tinggi hingga menimbulkan berbagai gejala.

Disamping melakukan pengobatan, penderita asam urat pun disarankan pula untuk mengonsumsi buah dan sayuran salah satunya adalah buang belimbing. Buah ini diketahui banyak mengandung manfaat baik untuk asam urat.

Khasiat Buah Belimbing Untuk Asam Urat Tinggi

Berikut beberapa kandungan utama buah belimbing untuk membantu proses penyembuhan asam urat, meliputi kandungan :

  1. Vitamin C dan mineral, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan proses ekskresi asam urat tubuh melalui urin
  2. Antioksidan tinggi berupa alkanoid, flavonoid, saponin dan tanin untuk meningkatkan proses penyembuhan asam urat
  3. Zar pektin, penting untuk mengikat zat purin di dalam tubuh serta membantu meluruhkan dan membuang zat purin melalui urin
  4. Senyawa antiinflamasi, senyawa untuk membantu menangani ciri-ciri kaki bengkak karena asam urat tinggi yang biasa dialami penderita asam urat.

Selain baik untuk proses penyembuhan asam urat, mengonsumsi buah belimbing pun baik untuk membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya. Serta sangat baik pula untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

Nah, lakukanlah terapi jus buah belimbing ini untuk membantu proses penyembuhan asam urat Anda. Jika tak ingin begitu ribet mengolahnya menjadi jus, Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai camilan setiap harinya.

Itulah manfaat dan cara mengolah belimbing untuk membantu mengatasi masalah asam urat. Namun sayang, meski dipercaya berkhasiat namun tidak ada penelitian ilmiah mengenai belimbing bisa mengobati asam urat secara total. Sehingga masih perlu juga dilakukan pengobatan secara medis.

Sumber: Halloviva.com

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More