Kabupaten Bojonegoro Raih Penghargaan Terbaik di Bidang Desk Layanan, di Ajang PPID Award 2018

0 105

SURABAYA (RAKYAT INDEPENDEN) – Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, kembali memperoleh penghargaan atas prestasinya. Kali ini, Bojonegoro memperoleh penghargaan PPID Award 2018.

Kegiatan yang digelar oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) itu, digelar di Agis Restaurant yang berada di Jalan Raya Wisma Pagesangan, Jambangan, Surabaya, Selasa (11/12/2018) malam.

Hadir dalam acara tersebut, Para Bupati, Walikota, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah, dulu SKPD), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), Kepala Desa dan KPU Kabupaten/Kota atau yang mewakili dan hanya yang memperoleh penghargaan dalam ajang bergengsi tingkat Provinsi Jawa timur itu.

Dalam kata sambutanya, Ketty Tri Setyorini selaku Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa PPID Award ini dilaksanakan di tahun yang ke 7, di tahun 2018 ini.

“Tujuandiselenggarakan acara ini adalah untuk melakukan monitoring, mengevaluasi kinerja PPID, dalam hal ini sesuai dengan kebijakan undang-undang keterbukaan, dimana Kabupaten/Kota, OPD dan badan publik lainnya,” ungkap Katty Tri Setyorini, serius.

Ditambahkan, dengan kegiatan semacam ini, maka bisa dilihat apakah mereka sudah melaksanakan atau menjalankan kebijakan implementasi dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik tersebut.

“Harapan kami publik semakin tahu haknya dan badan publik semakin tahu kewajibannya,” imbuhnya.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, Tri Setyorini berfoto bersama dengan para peraih penghargaan PPID Award 2018 yang digelar oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, di Agis Restaurant yang berada di Jalan Raya Wisma Pagesangan, Jambangan, Surabaya, Selasa (11/12/2018) malam.

Dalam malam penganugerahan PPID Award 2018 itu, Kabupaten Bojonegoro termasuk Kabuaten yang berhasil meraih penghargaan dalam ajang PPID Award 2018 itu. Berkenan menerima penghargaan, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Yayan Rohman.

Penghargaan diserahkan secara simbolis dari Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Katty Tri Setyorini kepada Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Yayan Rohman, yang mewakili Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah yang berhalangan hadir.

Penghargaan PPID Awards meliputi beberapa klasifikasi dan kategori. Klasifikasi A sangat terbuka, klasifikasi B terbuka. Klasifikasi A kategori Kab/Kota selain Kabupaten Bojonegoro yang memperoleh anugerah terbaik adalah Kabupaten Blitar, Kota Madiun , Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan klasifikasi B, diraih Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek.

Disamping kategori A untuk OPD Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan BUMD, kegiatan malam penganugerah juga diberikan penghargaan kepada Komisi Pemilihan Umum Se-Jawa Timur dan Pemerintah desa (Pemdes) yang melaksanakan praktek-praktek transparansi terhadap pengelolaan dana desa.

Untuk kategori desa terinformatif klasifikasi A diraih oleh Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten, Bojonegoro dan Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blita. Sedangkan, untuk desa yang kategori terinformatif klasifikasi B yakni, Desa Toyomarto Kecamatan Singosari, Kabuaten Malang, Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi dan kelurahan Pangongangan Kecamatan Manguharjo Kota Madiun.

Untuk kategori layanan informasi terbaik KPU diraih oleh Kabupaten Madiun , Kota Madiun, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Blita , Kabupaten Magetan dan sedangkan klasifikasi B diraih oleh Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten, Pacitan, Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Gresik.

Selain itu dilaksanakan pula meja layanan terbaik, website terbaik dan transparansi anggaran dari ketiga kategori Kabupaten Bojonegoro masuk dalam nominator dan terbaik dibidang desk layanan. Sedangkan website terbaik dan transparansi anggaran diraih oleh Kabupaten Blitar.

**(Kis/Red).