Jembatan Trucuk-Bojonegoro, Sudah Mulai Dibangun

0 108

BOJONEGORO (Rakyat Independen)-Pemerrintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tetap komitmen membangun jembatan Trucuk-Bojonegoro kota. Walaupun dananya yang dianggarkan tahun 2016 semestinya 53 miliar kemudian dikepras tinggal 24 miliar, namun pembangunan jembatan yang menjadi mimpi warga di wilayah Trucuk itu sudah mulai direalisasikan pembangunanya pada tahun 2016 ini.

Komitmen Pemkan Bojonegoro itu telah dibuktikan dengan telah dimulainya pembangunan jembatan Trucuk-Bojonegoro, sejak seminggu yang lalu itu. Lokasi Pembangunan Jembatan Trucuk-Bojonegoro berada di ujung barat Jl Untung Suropati yang masuk wilayah Kelurahan Klangon, Kecamatan Kota Bojonegoro, Jatim.

“Lokasi tepatnya jembatan Trucuk- Bojonegoro, dengan akses jalan masuk ke jembatan berada atau berpangkal di ujung barat Jl Untung Suropati, dan pangkal jembatan yang di wilayah Kecamatan Trucuk berada di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jatim,” demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bojonegoro A.Andi Tjandra, Jum’at (28/7/2016).

Ujung barat Jl Untung Suropati Bojonegoro yang dijadikan akses pintu masuk menuju ke Jembatan trucuk-Bojonegoro. Yang sudah dimulai pembangunannya seminggu yang lalu.
Ujung barat Jl Untung Suropati Bojonegoro yang dijadikan akses pintu masuk menuju ke Jembatan Trucuk-Bojonegoro. Yang sudah dimulai pembangunannya seminggu yang lalu.

Masih menurut Pak Andik – demikian, Kepala DPU Bojonegoro A. Andi Tjandra, biasa disapa- , sehingga nantinya, Jl Untung Suropati ujung barat yang mentok di Tanggul Bengawan solo itu menjadi akses jalan masuk menuju ke Jembatan Trucuk-Bojonegoro. Makanya, tanggulnya dibongkar untuk kepentingan pembangunan jalan menuju ke Jembatan Trucuk-Bojonegoro.

Lanjut Pak Andik, sehingga, nantinya Jl Untung Suropati yang memanjang dari timur ke barat itu, ujung barat Jl Untung Suropati yang biasanya adalah pertigaan ke depannantinya akan menjadi perempatan setelah difungsikanya Jembatan Trucuk-Bojonegoro itu.

Dimana, Jl Untung Suropati yang membujur dari timur ke barat, lantas di ujung barat Jl Untung Suropati ke arah utara ada Jl. MH. Tamrin dan di ujung barat Jl Untung Suropati yang ke arah selatan ada Jl. Rajekwesi dan nantinya jika jembatan itu sudah difungsikan maka di ujung barat Jl Untung Suropati bakal ada akses jalan menuju ke Jembatan Trucuk-Bojonegoro. Sehingga pertigaan barat Jl Untung Suropati nantinya bakal berubah menjadi perempatan.

Ditambahkan, jembatan Trucuk-Bojonegoro dengan lebar 9 meter dan panjang 189 meter itu, sudah dimulai pembangunannya dengan enggunakan anggaran 23 miliar, yang bakal dimanfaatkan untuk pembangunan pekerjaan persiapan, pemancangan dan pembuatan tanggul pengaman.

“Pembangunan yang sedang dilaksanakan dengan menggunakan APBD Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 ini, adalah pembangunan dalam tahap persiapan dengan membuka akses jalan masuk ke Jembatan, pondasi jembatan dan pengaman tebing Sungai Bengawan solo yang berada di sisi kanan-kiri jembatan,” ujar Pak Andik.

Lanjut Pak Andik, pembangunan bakal dilaksanakan dalam 2 (dua) tahun anggaran yakni tahun anggaran 2016 dan 2017, dengan menelan total anggaran sebesar 75 miliar. Jika tahun anggaran 2016 jembatan dibangun dengan dana 23 miliar berarti pada anggaran tahun 2017 mendatang, pembangunan bakal dilanjutkan dengan menggunakan anggaran sebesar 52 miliar.

“Untuk anggaran tahun 2017 bakal menelan dana sebesar 52 miliar, dengan alokasi untuk membangun lantai jembatan dan bangunan atas serta pembangunan akses jalan. Diharapkan di akhir tahun 2017 jembatan Trucuk-Bojonegoro sudah bisa dibuka dan dimanfaatkan untuk arus lalu lintas, bagi masyarakat Trucuk yang hendak ke Bojonegoro atau sebaliknya,” ungkapnya.

Perlu diketahui, selama ini, warga di wilayah Kecamatan Trucuk yang hendak ke Bojonegoro menggunakan transportasi perahu dengan menyeberangi Bengawan Solo. Jika lewat jalan raya maka mereka harus berputar lewat Selogabus Kecamatan Parengan dilanjutkan perjalanan ke Banjarsari Kecamatan Trucuk dan masuk ke Bojonegoro melalui Jembatan Kaliketek yang berada di jalan nasional Jatirogo-Bojonegoro. **(Kis/Dedi).

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy