Jelang Imlek, Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Mulai Lakukan Persiapan

38

TUBAN – Menjelang peringatan tahun baru Imlek 2571, jatuh pada 25 Januari 2020 mendatang,Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Kabupaten Tuban mulai berbenah dan melakukan segala persiapan.

Persiapan telah dilakukan para pengurus dan umat di kelenteng KSB Tuban sejak beberapa hari lalu. Dengan melakukan pembersihan lingkungan kelenteng, bersih-bersih lampion dan memasang lilin sumbangan dari umat.

“Persiapan sudah kita mulai sejak 17 Januari lalu. Seperti melakukan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah dan memandikan patung Dewa Kwan Sing Tee Koen,” kata Ketua Demisioner Kelenteng KSB Tuban, Gunawan Putra Wirawan, Rabu, (22/01/2020).

Disampaikan Gunawan, dalam perayaan imlek biasanya tidak ada acara yang begitu mewah, kebanyakan jamaah hanya berdoa di kelenteng ataupun di rumah. Acara seremonial biasanya berupa pelepasan hewan untuk membuang sial.

“Untuk ritual di tahun baru Imlek biasanya kita lakukan dengan melepaskan hewan seperti burung. Kalau dulu penyu, tapi karena sekarang penyu dilindungi jadi beralih ke burung atau hewan lainnya,” jelas Gunawan.

Loading...

Ditambahkan, menjelang Imlek sudah ada beberapa umat yang datang ke Klenteng Kwan Sing Bio Tuban untuk berdoa. “Ya sudah ada umat yang berkunjung dan berdoa disini. Tidak sedikit juga yang menyumbang lilin,” ujarnya. _

Reporter Yasir

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More