Jajaki Pengembangan Kerjasama Perkeretaapian, PT KAI Teken MoU Dengan Bupati Bojonegoro

155

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Jalinan kerjsama antara PT Kereta api Indonesia (PT KAI) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman.

Penanda tanganan kerjasama meningkatkan pelayanan publik di bidang perkeretaapian di kawasan Kabupaten Bojonegoro itu, digelar  di rumah dinas (Rumdin) Bupati yang berada di Lingkup Kantor Pemkab Bojonegoro, yang berada di Jalan P Mas Tumapel Nomor 1, Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (4/1/2019) pagi.

Mewakili PT KAI, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, dengan didampingi Wakil Bupati Bojonegoro Drs Budi Irawanto,M.Pd, Asisten II Setyo Yuliono dan Kepala OPD terkait.

Kerja sama yang dimaksud mencakup pengembangan perkeretaapian perkotaan, pengembangan kawasan yang terintegrasi dengan perkeretaapian perkotaan dan penyusunan studi kelayakan atau feasibility study. MoU tersebut, berlaku selama 2 (dua) tahun sejak ditandatanganinya kesepakatan kerjasama tersebut.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam kata sambutanya mengatakan, selain kerjasama peningkatan pelayanan publik di bidang perkeretaapian di kawasan Kabupaten Bojonegoro itu, pihaknya juga berencana akan memanfaatkan aset KAI untuk keperluan pembangunan ruang terbuka hijau.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, bersama dengan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, berbincang-bincang sebelum menanda tangani MoU kerjasama meningkatkan pelayanan publik di bidang perkeretaapian di kawasan Kabupaten Bojonegoro, yang digelar rumah dinas (Rumdin) Bupati yang berada di Lingkup Kantor Pemkab Bojonegoro, yang berada di Jalan P Mas Tumapel Nomor 1, Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (4/12/2019) pagi.

“Dengan jalinan kerjasama antara PT KAI dengan Pemkab Bojonegoro ini, harapan kami selain pembangunan transportasi perkereta apian, juga bisa dibangun sebuah taman kereta api, yang letaknya berada di lahan asset milik PT KAI tersebut,” ungkap Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, Jum’at (4/1/2019).

Ditambahkan oleh Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah – semoga kerjasama yang telah disepakati kedua belah pihak itu, akan muncul sinergitas antara Pemkab Bojonegoro dengan PT KAI, sehingga dapat lebih memajukan Kabupaten Bojonegoro ini.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam kata sambutanya mengatakan, dengan kerjasama tersebut, pihak PT KAI bisa mengembangkan potensi angkutan barang dan angkutan penumpang yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

“Kami melihat bahwa kebutuhan masyarakat akan kereta barang dan penumpang sangatlah tinggi di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini, sehingga tak menutup kemungkinan kereta api barang dan penumpang bakal dioperasikan di Bojonegoro ini,” ungkap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro

Masih menurut Edi Sukmono, PT KAI dan Pemkab Bojonegoro akan bersama-sama mencari solusi atas terus tumbuhnya pelintasan sebidang sehingga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api rel ganda tersebut.

Ditambahkan, Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman tersebut, pihaknya berharap PT KAI dapat berkontribusi untuk menggiatkan dan memajukan pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini, melalui modal transportasi kereta api tersebut.

**(Kis/Red).

Loading...