Inilah Hasil Pilkades Serentak Gelombang II 2019, 10 Desa di Wilayah Kecamatan Baureno, Bojonegoro

1.427

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Pemilihan Kepala desa (Pilkades) Desa Pomahan, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, berlangsung di balai desa setempat, Rabu (26/6/2019).

Pilkades Desa Pomahan dilaksanakan bersamaan 154 desa yang berada di 27 Kecamatan Se-Kabupaten Bojonegoro, yang merupakan Pilkades Gelombang II Tahun 2019 ini.

Pesta demokrasi Desa Pomahan tersebut diikuti 2 calon kepala desa (cakades) yakni, Hj Khoirul Liswati (43) dengan nomor urut 1 dan H Imam Mawardi (47) dengan nomor urut 2.

Hj Khoirul Liswati berhasil meraih dukungan sebanyak 1128 suara dan H Imam Mawardi harus puas dengan perolehan 300 suara.

Walaupun sebelumnya, Pilkades Pomahan banyak masalah yang muncul hingga berujung pada demo dan puluhan warga mengadukan masalah dugaan kecurangan dalam pendaftaran calon kades ke Komisi A DPRD Bojonegoro. Namun, semua persoalan bisa diselesaikan hingga akhirnya berhasil digelar Pilkades, Rabu (26/6/2019) tersebut.

Loading...

Bersamaan dengan Pilkades Pomahan, digelar Pilakdes Sumuragung, dengan 2 cakades yakni, Sumarji dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 1.058 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 H Mathasim (incumbent) memperoleh dukungan 1.121 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Sumueragung dimenangkan H Mathasim.

Pilakdes Desa Gajah, dengan 2 cakades yakni, Moh Wahyudi dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 1.501 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 Mahyun (incumbent) memperoleh dukungan 994 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Gajah dimenangkan Moh Wahyudin.

Pilakdes Desa Selorejo, dengan 2 cakades yakni, Yuli Fitriana,SE dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 307 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 Irisetiawan Hadi,S.Pd, (incumbent) memperoleh dukungan 309 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Selorejo dimenngkan Irisetiawan Hadi,S.Pd (incumbent).

Pilakdes Desa Blongsong, dengan 2 cakades yakni, Rusmijan,S.IP dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 1.110 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 M. Zaenuri Arifin memperoleh dukungan 1.375 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Blongsong dimenngkan M. Zaenuri Arifin.

Pilakdes Desa Banjaranyar dengan 2 cakades yakni, Ngatemo (incumbent) dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 807 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 Suryaningsih memperoleh dukungan 935 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Banjaranyar dimenngkan Suryaningsih.

Para pemilih yang antri hendak menggunakan hak pilihnya di pelaksanaan pilkades di Desa Pasinan, Kecamatan Baureno, Kabbupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (26/6/2019).

Pilakdes Desa Drajat dengan 3 cakades yakni, M.A. Ali Imron dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 16 suara. Cakades dengan nomor urut 2 Tulus Tri Yunianto (incumbent) memperoleh dukungan 407 suara. Sedangkan calon dengan nomor urut 3 Jum’adi Mulyono memeperoleh suara 935 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Drajat dimenngkan Jum’adi Mulyono.

Pilakdes Desa Sembunglor dengan 2 cakades yakni, Endang Sulistiwati,S.Pd (incumbent) dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 577 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 Saturi memperoleh dukungan 640 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Sembunglor dimenngkan Saturi.

Pilakdes Desa Pasinan dengan 2 cakades yakni, Fanny Kumaidah,S.Ag,MM dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 910 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 Sholihan (incumbent) memperoleh dukungan 587 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Pasinan dimenngkan oleh Fanny Khumaidah,S.Ag,MM.

Pilakdes Desa Karangdayu dengan 2 cakades yakni, Agus Romadhon (incumbent) dengan nomor urut 1 memperoleh dukungan 2.202 suara. Sedangkan, cakades dengan nomor urut 2 Mei Lia Ambarwati hanya memperoleh dukungan 285 suara. Sehingga, Pilkades di Desa Karangdayu  dimenngkan Agus Romadhon (incumbent).

Berdasarkan data di atas, dari 10 desa yang menggelar Pilkades, terdapat 5 (lima) calon kades incumbent yang kalah, yakni, Kades Pasinan Sholihan, Kades Sembunglor Endang Sulistyowati, Kades Drajat Tulus Tri Yunianto, Kades Gajah Mahnyun dan Kades Banjaranyar Ngatemo

Sedangkan, dari 10 desa yang menggelar Pilkades itu, ada 4 (empat) calon incumbent yang menang yakni, calon incumbent Pomahan Khoirul Liswati, calon incumbent Karangdayu Agus Romadhon dan calon incumbent Sumuragung H Mathasim. Sedangkan, Desa Blongsong kedua calon baru sebab incumbent tak mengikuti laga Pilkades tersebut.

Sementara itu, Camat Baureno Luluk Alifah, saat dimintai komentarnya atas keberhasilan pelaksanaan Pilkades di 10 desa yang berada di wilayahnya itu mengatakan, bahwa pihaknya merasa sangat bersyukur karena Pilkades 10 desa yang berada di wilayah Kecamatan Baureno itu, bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

“Atas nama pribadi dan Camat Baureno saya sampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Baureno, yang telah berhasil melaksanakan pilkades serentak dengan tertib, aman. Walau beda pilihan namun masyarakat masih tetap guyub rukun,” ungkap Camat Baureno Luluk Alifah, Kamis (27/6/2019).

Masih menurut Mbak Luluk – demikian, Camat Baureno Luluk Alifah akrab disapa – bagi cakades yang menang harus ingat bahwa setelah menjadi milik bersama karena stelah terpilih jadi kades harus bisa memimpin dan mengayomi masyarakatnya. Saat ini, sudah tak ada pendukung dan bukan pendukung, yang ada sekarang semua adalah warganya yang perlu dilayani dan diajak bersama-sama untuk membangun desa.

Lanjut  Mbak Luluk, bagi cakades yang kalah, hendaknya bisa lapang dada dan legawa menerima kekalahan itu sebab jika Allah SWT masih memberikan panjang umur dan diberi kesehatan maka bisa mencalonkan kembali untuk periode mendatang.

“Mari kita kembali menjalin silaturahmi untuk bersama-sama membangun desa agar semakin maju dan rakyatnya makin sejahtera,” kata Mbak Luluk dengan nada penuh harap.

**(Kis/Red).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More