Inilah 4 Desa di Kecamatan Ngraho Yang Sukses, Gelar Pilkades Serentak Bojonegoro 2019

166

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2019 yang diikuti 154 desa yang tersebar di 27 kecamatan tersebut, telah berlangsung 26 Juni 2019 lalu.

Salah satu kecamatan yang gelar pilkades adalah Kecamatan Ngraho, dengan gelaran Pilkades di 4 (empat) desa yakni, Desa Jumok, Desa Blimbinggede, Desa Pandan dan Desa Sugihwaas.

Pilkades Desa Jumok, diikuti oleh 3 (tiga) yakni, Siti Mutmainah dengan nomor urut 1, Muhamad Siswanto dengan nomor urut 2 dan Imam Mukmin Arifin (incumbent) dengan nomor urut 3.

Dalam laga pilkades, Siti Mutmainah mengantongi 19 suara, Muhamad Siswanto dengan dukungan 949 suara dan Imam Mukmin Arifin berhasil unggul dengan 1.260 suara. Terdapat suara tidak sah sebanyak 13.

Pilkades Desa Jumok ini memiliki DPT sebanyak 3.013 suara, Hadir dan menggunakan hak pilihnya sebanyak 2.241 suara. Tidak hadir sebanyak 772 suara.

Pilkades Desa Blimbinggede, diikuti 2 (dua) calon yakni, Muhamad Arifin (incumbent) dengan nomor urut 1 dan Eka Wulandari dengan nomor urut 2. Pilkades ini merupakan Pilkades Pasangan suami istri (pasutri) sebab calon incumbent Muhammad Arifin memperoleh rival Eka Wulandari yang juga istrinya calon kades incumbent tersebut.

Dalam laga pilkades 2019 ini, Muhammad Arifin meraih dukungan 960 suara dan Eka Wulandari harus puas dengan dukungan sebanyak 62 suara. Terdapat suara tidak sah 6 suara.

Pilkades Desa Blimbingede ini memiliki DPT sebanyak 1.311 suara, Hadir dan menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.028 suara. Tidak hadir sebanyak 283 suara.

Pilkades Desa Sugihwaras, dengan diikuti oleh 2 (dua) calon yakni, Pariyono dengan nomor urut 1 (incumbent) dan Supandi dengan nomor urut 2.

Dalam laga Pilkades Sugihwaras ini, Pariyono meraup dukungan sebanyak 620 suara dan Supandi memperoleh dukungan 891 suara. Terdapat suara tidak sah sebanyak 20 suara.

Pilkades Desa Sugihwaras dengan DPT 1798 suara, hadir dan menggunakan hak pilihnya 1.531 suara. Tidak hadir sebanyak 267 suara.

Suasana, penghitungan suara pilkades Desa Jumok, yang digelar di balai desa Jumok, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (26/6/2019) lalu.

Pilkades Desa Sugihwaras, dengan diikuti oleh 3 (tiga) calon yakni, Dahlan dengan nomor urut 1 (incumbent), Sumbito dengan nomor urut 2 dan Kasmiati dengan nomor urut 3.

Calon incumbent Dahlan dengan nomor urut 1 berhasil unggul dengan dukungan 865 suara, calon kades Sumbito dengan nomor urut 2 memperoleh dukungan 475 suara dan calon kades Kasmiati hanya memperoleh dukungan 13 suara. Terdapat 19 suara tidak sah.

Pilkades Desa Pandan dengan DPT 1.651 suara, hadir dan menggunakan hak pilihnya 1.372 suara. Tidak hadir sebanyak 279 suara.

Berdasarkan hasil Pilkades 4 desa yang berada di wilayah Kecamatan Ngraho tersebut, Pilkades Desa Jumok dimenangkan oleh Imam Mukmin Arifin (incumbent), Pilkades Desa Blimbinggede dimenangkan oleh Muhamad Arifin (incumbent), Pilkades Desa Sugihwaras dimenangkan oleh Supandi dan Pilkades Desa Pandan dimenangkan Dahlan (incumbent).

Sementara itu,  Camat Ngraho Syaifurrohim, saat dimintai komentarnya mengatakan, bahwa di wilayah Kecamatan Ngraho ada 4 (empat) desa di kecamatan Ngraho yang tekah berhasil menggelar  Pilkades serentak gelombang II tahun 2019 ini.

Empat desa yang menggelar pilkades yakni, Desa Jumok, Blimbinggede, Sugihwaras dan Pandan. Pelaksanaan keempatnya, berjalan tertib dan tingkat partisipasi yang sangat tinggi.

“Keberhasilan pilkades di wilayah Kecamatan Ngraho adalah keberhasilan semua pihak. Untuk itu, kami sampaikan ucapan terima kasih atas kerja kerasnya dalam ikut serta mensuksekan pesta demokrasi tingat desa di wilayah Kecamatan Ngaho tersebut,” ungkap Camat Ngraho Syaifurrohim, Senin (1/6/2019).

Lanjut Syaifurrohim, keberhasilan itu atas kerja keras semua pihak mulai dari DPMD Bojonegoro, Kecamatan Ngraho, Polres Bojonegoro, Polsek Ngraho, Linmas di masing-masing desa dan para panitia yang berada di 4 desa tersebut.

“Kesadaran politik masyarakat di wilayah Kecamatan Ngraho juga cukup tinggi. Hal itu bisa dilihat dari pelaksanaan pilkades yang berjalan aman, tertib dan lancar. Walaupun beda pilihan mereka tetap damai dan guyub rukun,” tegasnya.

Masih menurut Syaifurrohim, keempat desa tersebut, panitianya juga telah melaksanakan seluruh tahapan sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga mampu memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan tahapan pilkades akan berjalan pada rel aturan dan aturan yang ada.

“Kerja keras panitia yang transparan dalam pelaksanaan pilkades itu, membuat masyarakat bisa menerima hasil pilkades sehingga sejak persiapan hari pencoblosaan hingga pasca pelaksaan pilkades di wilayah Kecamatan Ngraho ini, suasana tetap aman dan kondusif. Alhamdulillah…,” katanya menegaskan.

**(Kis/Red).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy