Ini Persiapan Cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, Jelang Debat Ketiga, Minggu 17 Maret 2019

0 128

JAKARTA – Debat ketiga Pilpres dalam Pemilu 2019, yang dijadwalkan gelar debat cawapres akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), berlangsung di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019).

Sebelum debat ketiga cawapres dimulai, ini daftar nama panelis Pilpres 2019, hingga persiapan yakni cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno.

Debat ketiga akan menampilkan moderator Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas. Jika pada debat kedua hanya menampilkan calon presiden, pada debat ketiga hanya menampilkan calon wakil presiden.

Tema yang diambil dalam Debat Pilpres 2019 putaran ketiga adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan.

Berikut berita terbaru terkait pelaksanaan debat Pilpres 2019 ketiga,

1. Daftar nama Panelis

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sudah menetapkan sembilan nama panelis yang akan menyusun pertanyaan utuk Debat Pilpres 2019 putaran ketiga.

Berikut sembilan daftar nama panelis pada debat ketiga Pilpres 2019,

1. Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022. Guru Besar Sosiologi Unhas

2. Prof. Dr. Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007- 2011 sekaligus Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya)

3. Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 (periode kedua).

4.  Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof KH Yudian Wahyudi .

5. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof Subhilhar, MA, Ph.D

6. Sastrawan sekaligus budayawan Radhar Panca Dahana

7. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah

8. Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K)

9. Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH M Hum.

 

Loading...

I. Persiapan Paslon

Cawapres 01 Maruf Amin

Jelang debat Pilpres 2019 ketiga, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengaku tidak memiliki persiapan khusus.

Dia juga mengungkapkan bahwa cakupan dalam Debat Pilpres 2019 ini lebih luas.

“Cuma (debat Pilpres) ini cakupannya lebih laus saja,” ujar Ma’ruf Amin Sabtu (9/3/2019).

Maruf Amin juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan menyerang tim lawan.

Dia akan menyampaikan program-program bagus yang sudah berjalan dan memaparkan solusi dari setiap masalah yang dihadapi.

“Oh tidak (menyerang) lah. Kita kan namanya berdebat, bukan menyerang, tapi menyampaikan argumentasi, solusi, bagaimana bahwa program yang sudah bagus, yang akan datang, akan lebih bagus. Alasannya apa? Solusinya apa? Itu saja. Tidak usah banyak-banyak jurusnya. Jurus bertahan, dan jurus langkah ke depan,” kata Maruf Amin,

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Maruf Amin, Erick Thohir mengungkapkan bahwa tidaka kan ada perubahan karakter maupun penampilan pada Maruf Amin untuk melakoni debat ketiga Pilpres 2019.

“Saya rasa kami tidak ingin mengubah karakter dari cawapres kami karena mereka akan memimpin lima tahun ke depan. Kalau karakternya diubah, nanti jadi pencitraan,” ujar Erick ketika ditemui Kompas.com di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019) lalu.

Cawapres 02 Sandiaga Uno

Calon wakil presiden nomor urut 02 melakukan persiapan jelang Debat Pilpres 2019 putaran ketiga dengan cara meminta saran ke sejumlah tokoh.

Tokoh yang ditemui Sandiaga Uni di antaranya adalah, Pimpinan Yayasan Taman Siswa, Prof Dr. Sri Edi Swasono, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan, Prof. Dr. Meutia Farida Hatta.

Dalam pertemuannya dengan Prof Dr. Sri Edi Swasono, Sandiaga Uno membahas tentang pendidikan dan sistem koperasi.

Seperti diketahui pendidikan akan menjadi satu di antara tema yang daingkat dalam debat pilpres ketiga.

Sedangkan pertemuannya dengan Meutia Farida Hatta, Sandiaga membahas tentang perempuan dan isu kesehatan.

Jelang debat Pilpres 2019 ketiga yang tinggal menghitung hari, Sandiaga Uno masih melakukan kunjungan kampanyenya ke beberapa daerah seperti NTB, dan Bali.

*) Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Wartakotalife.com

 

 

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy