Ibu Anna Muawanah Resmikan Taman Lokomotif Bojonegoro

42

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah meresmikan sebuah wahana edukasi dan taman bermain keluarga, yang berlokasi di Jalan Teuku Umar Kota Bojonegoro, Jumat (24/01/2020).

Taman Lokomotif sebuah pengembangan ruang terbuka hijau, yang memiliki fungsi hidrologi dan Estetika, hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Acara peresmian dihadiri oleh Kapolres Bojonegoro, Dandim Bojonegoro, Sekda Bojonegoro, Kepala Bakorwil Bojonegoro, SKPD, Camat se-Kabupaten Bojonegoro dan Kepala PT KAI Daop VIII.

Bupati Bojonegoro menyampaikan, bahwa Taman Lokomatif merupakan salah satu target Pemerintah Daerah untuk membangun dan memperbanyak ruang terbuka hijau, karena selain menambah keindahan suatu kawasan, keberadaan taman hijau juga bisa digunakan sebagai tempat beristirahat bagi masyarakat maupun wisatawan.

“Taman ini juga memiliki fungsi sosial sebagai ruang publik tempat berekreasi dan berolahraga bersama, ada taman lansia, hutan kota, Georama Kereta Api water toren Boot, spot olah raga dan lain-lainnya, ini adalah persembahan untuk warga masyarakat Bojonegoro sebagai sarana edukasi,” penjelasan Bupati.

Loading...

Selain itu, Bupati menyampaikan bahwa dahulu Bojonegoro merupakan wilayah yang terkesan gersang dan berdebu, namun saat ini Bojonegoro sudah terkenal baik dari pariwisata, kuliner, dan kekayaan alamnya.

“Salah satu faktor pendukung perubahan itu adalah keberadaan taman-taman hijau atau hutan kota, sebab mampu memberi dampak positif dari sisi hidrologis, peningkatan kualitas udara dan kelestarian lingkungannya,” tuturnya.

Beragam fungsi dan manfaat tersebut mendorong pemerintah melalui instansi terkait untuk memperbanyak ruang terbuka berupa taman hijau di sejumlah tempat yang dinilai strategis, seperti disudut-sudut kota, bundaran jetak, Taman veteran dan alon alon kota lengkap dengan bangkunya.

Bupati juga berpesan kepada segenap Camat, Kades/Lurah, apabila terdapat lahan luas kosong yang mangkrak dan tidak difungsikan secara baik, pihak Pemkab Bojonegoro siap bekerja sama untuk membuka Ruang Terbuka Hijau agar Bojonegoro semakin terlihat green.

Diakhir sambutan, Bupati Hj. Anna Mu’awanah menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan PT KAI Daop VIII dalam pembangungan Taman Lokomotif tersebut. Dan juga kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan memelihara taman hijau yang sudah ada.

“Mari, baik pemerintah maupun masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat aset kita ini, agar terus bisa bermanfaat,” pungkasnya.

Red. Yasir

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More