5 Hal yang Memengaruhi Harga Crypto di Pasar

cara bermain crypto

Sebagai investor, hal  yang paling membahagiakan dari berinvestasi adalah saat harga crypto naik di pasaran. Permasalahannya, tidak selalu harga crypto stabil naik di pasaran, tentunya ada arus pasang dan surutnya. Anda yang tidak memahami hal sepele seperti ini, perlu memahami kembali bagaimana cara bermain crypto yang baik dan benar.

Inilah 5 Faktor atau Hal yang Mempengaruhi Harga Crypto di Pasar

Setelah fokus belajar tentang bagaimana bermain crypto, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah faktor pendukung yang mempengaruhi harga crypto. Semakin banyak informasi yang Anda ketahui semakin bermanfaat karena dapat menghindarkan Anda dari kerugian besar.

  • Besar Kecilnya Daya Beli dan Jual di Pasaran

Sudah hukum alam jika permintaan yang melonjak akan membuat harga produk di pasaran melambung tinggi. Contoh sederhananya adalah harga minyak goreng yang naik karena sedikitnya stok minyak di pasaran.

Meskipun minyak goreng dan crypto adalah dua produk yang berbeda tapi hukum permintaan dan penawaran sama-sama berlaku untuk keduanya. Di satu waktu, harga crypto akan terus melambung ketika permintaan pasar bertambah dan mengalami penurunan harga saat permintaan pasar rendah.

  • Besar Kecilnya Biaya Produksi

Crypto mungkin uang digital namun tetap saja menghabiskan biaya produksi yang tinggi. Faktor penyebabnya banyak sekali mulai dari GPU, CPU, server, sistem security hingga beban biaya listrik.

Contoh crypto dengan beban biaya produksi yang tinggi adalah bitcoin. Maka jangan terkejut jika Anda menemukan harga satu keping bitcoin di pasaran dunia cukup tinggi.

  • Perilaku atau Cuitan Influence Whale

Kenaikan dan penurunan harga crypto di pasaran juga bisa disebabkan oleh perilaku atau cuitan influence whale. Contoh paling anyar adalah Elon Musk yang berhasil membuat harga Dogecoin melonjak tinggi karena cuitan yang diberikannya di sosial media.

Nama besar Elon Musk menjadi salah satu alasan mengapa harga crypto mengalami peningkatan. Maka tidak mustahil jika harga crypto akan turun atau justru naik ketika ada influence whale lainnya yang memberikan cuitan atau melakukan sesuatu terkait pembelian crypto.

  • Harga Mata Uang Fiat Turun

Apakah Anda sudah memahami bagaimana cara investasi crypto khususnya Bitcoin? Bisa jadi Anda sudah mengenal dengan baik pengaruh fiat terhadap pergeseran harga Bitcoin. Selain Bitcoin, inflasi mata uang fiat juga mempengaruhi harga crypto lainnya.

Namun penurunan mata uang fiat bukan berdampak buruk terhadap aset crypto. Justru penurunan tersebut membuat nilai mata uang Bitcoin melonjak. Bila awalnya Anda merugi banyak karena aset terus turun maka melalui inflasi mata uang fiat kondisi bisa berbalik dengan begitu drastisnya.

  • Adanya Intervensi oleh Negara Tertentu

Faktor ini pengaruhnya hampir sama seperti influence whale di atas, namun yang membedakannya adalah negara yang melakukan intervensi bukannya seorang influencer atau orang berpengaruh. Contohnya adalah Rusia dan China yang melarang transaksi crypto. Kondisi tersebut tentunya memberikan pengaruh pada harga jual beli crypto di pasaran dunia.

Dahulu, belanja crypto bukan hal yang umum dilakukan oleh masyarakat namun seiring berjalannya waktu crypto menjadi aset yang sangat menguntungkan. Sebelum belanja banyak crypto, baca terlebih dahulu faktor yang mempengaruhi harga crypto agar terhindar dari kerugian.

admin
Rakyatindependen.co.id adalah Media Independen yang hadir untuk Anda. Memuat beragam informasi bermanfaat, ditulis secara akurat dan kredibel.