Hadiri Sertijab Gubernur Jatim, Bupati Bojonegoro Nyatakan Siap Mendukung dan Bersinergi dengan Pemprov Jatim

0 439

SURABAYA (RAKYAT INDEPENDEN) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan didampingi wakilnya Emil Dardak, ikuti serah terima jabatan (sertijab) dengan pejabat lama Dr Soekarwo – Syaifullah Yusuf, yang berlagsung di Gedung DPRD Jatim, yang berada di Jalan Indrapura, Surabaya, Jawa timur, Senin (18/2/2019).

DR Soekarwo Gubernur Jawa Timur periode sebelumnya, terlebih dahulu menandatangani berita acara serah terima jabatan, kemudian diikuti oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur terpilih Jawa Timur periode 2019-2024.

Sumarsono Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, berkenan menandatangani berita acara serah terima jabatan tersebut.

Dalam Sertijab itu, Khofifah kembali menyampaikan visi dan misinya. Wanita yang juga Ketua Pimpinan Pusat Muslimat NU itu mengatakan, jika visi tersebut dibedah, maka terdapat dua elemen penting, yaitu cita-cita terwujudnya keadilan, kesejahteraan, keunggulan dan akhlak mulia pada masyarakat Jatim.

Selain itu, juga terwujudnya sebuah kolaborasi besar antara pemerintah dan masyarakat dalam mencapai cita-cita dengan mengedepankan semangat gotong royong sebagai nilai luhur bangsa Indonesia yang akan membawa masyarakat mampu mengatasi tantangan dan keterbatasan.

“Dalam visi kita itu ada adil, sejahtera, maka di dalamnya ada keadilan akses seperti yang disampaikan dalam visi misi. Keadilan akses di dalamnya ada konektivitas atau keterhubungan terutama untuk wilayah selatan atau pesisir, daerah pulau-pulau,” jelasnya.

Sedangkan untuk misi yang akan dijalankan selama lima tahun mendatang, lanjutnya, terdapat tujuh misi. Antara lain  keseimbangan pembangunan ekonomi, baik antar kelompok, antar sektor maupun antar wilayah.

Tampak, acara sertijab Gubernur Jatim, yang digelar di Gedung DPRD Jatim, yang berada di Jalan Indrapura, Surabaya, Jawa timur, Senin (18/2/2019).

Termasuk terciptanya kesejahteraan yang berkeadilan sosial dengan memperhatikan kelompok masyarakat yang rentan serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Jawa Timur yang meliputi jaminan kesehatan, jaminan pendidikan serta membangun kedaulatan pangan

“Termasuk kemudahan akses terhadap lapangan pekerjaan dan keterhubungan wilayah,” ujarnya.

Selain itu, menurut Gubernur Khofifah juga terdapat tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka dan partisipatoris. Lalu, memperkuat demokrasi kewargaan untuk menghadirkan ruang sosial yang menghargai prinsip kebhinekaan, dan pembangunan yang berwawasan lingkungan untuk menjamin keselarasan ruang ekologi, ruang sosial, ruang ekonomi dan ruang budaya.

Kepada para awak media, Khofifah menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus secara tulus kepada Pakdhe Karwo. Mudah-mudahan seluruh keteladanan Pakdhe dan juga Ibu Nina Soekarwo yang telah membawa kemajuan kepada Jatim sampai tahapan ini, akan menjadi bagian dari Jariyah Pakdhe Budhe dan tentu juga Gus Ipul serta Ibu Fatma,” pungkasnya.

Hadir dalam acara sertijab itu, Para Bupati dan Walikota Se-Jawa Timur, Forkopimda Jawa Timur, Komjen dan Konsul yang berada di Surabaya. Temasuk, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya hingga dilaksanakannya sertijab Gubernur Jawa timur dari DR Soekarwo kepada Gubernur Hj Khofifah Indar Parawansa.

“Bersyukur kepada Allah SWT, Bu Khofifah – Emil Dardak sudah dilantik dan hari ini telah dilaksanakan sertijab. Semoga Bu Khofifah dan Mas Emil diberi kekuatan oleh Allah SWT, mampu memimpin Jawa timur 5 (lima) tahun ke depan,” ungkap wanita yang akrab disapa Bu Anna itu.

Ditambahkan, pihak Pemkab Bojonegoro siap mendukung dan bersinergi dengan program-program yang dilaksanakan oleh Pemprov Jatim.

**(Kis/Red).

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy