Guna Mengamankan Pilkades Serentak 2019, Polres Bojonegoro Terjunkan 1.617 Personel Gabungan

68

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN)- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang ke-2 Tahun 2019 yang bakal diikuti 155 desa Se-Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, bakal  digelar Rabu (26/06/2019) mendatang.

Kegiatan pesta demokrasi tingkat desa di 155 desa yang berada di 27 kecamatan itu, bakal dilaksanakan secara bersamaan. Sehingga membutuhkan pengamanan yang ekstra dari Polres Bojonegoro, dengan dibantu TNI, Satpol PP serta instansi terkait.

Guna pengamanan pelaksanaan pilkades serentak tersebut, jajaran Polres Bojonegoro akan menerjunkan 1.617 personel gabungan, berikut alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang cukup memadahi.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, saat ditemui para awak media  di kantornya pada hari Kamis (13/6/2019) menuturkan bahwa untuk pengamanan Pilkades Serentak tahun 2019 ini, Polres Bojonegoro akan menggelar operasi pengamanan, dengan sandi “Operasi Mantab Praja Angling Dharma 2019.”

“Operasi Mantab Praja Angling Dharma 2019 untuk pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Bojonegoro efektif mulai dilaksanakan sejak tanggal 13 Juni 2019 hingga 10 September 2019 mendatang,” demikina dikatakan AKBP Ary Fadli, Kamis (13/6/2019).

Loading...

Dalam operasi tersebut, pihaknya akan menerjunkan 1.617 personel gabungan, yang terdiri dari 697 personel Polres Bojonegoro; 550 personel BKO Polres jajaran Polda Jatim; 100 personel Dalmas dari polres tetangga, yaitu Polres Tuban, Lamongan, Nganjuk dan Ngawi; 100 personel dari Sat Brimob Polda Jatim; dan 30 personel Anti Anarkis dari Sat Brimob Polda Jatim; serta 10 personel Unit Penjinak Bom (Jibom) Polda Jatim.

“Anggota yang terlibat langsung dalam pengamanan Pilkades serentak sejumlah 1.487 personel, sementara 130 personel lainnya merupakan Kompi Siaga di Mapolres Bojonegoro, untuk membackup jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” tutur AKBP Ary Fadli.

Selain penyiapan personel, pihaknya juga telah menyiapkan alutsista yang cukup memadahi. Hal tersebut dilaksanakan semata-mata untuk menunjukkan bahwa pihaknya sangat serius dan bertanggungjawab dalam pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Bojonegoro,agar dapat berjalan dengan, aman, damai dan kondusif, tanpa ada hambatan yang berarti.

“Ini sebagai wujud kesiapan kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas, selama tahapan pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Bojonegoro ini,” tegasnya.

Pihaknya berharap semoga tidak kita temukan adanya ancaman maupun gangguan keamanan. Kalaupun nantinya terjadi, Operasi Mantab Praja Angling Dharma 2019 sudah siap.

**(Kis/Red)

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy