Dipastikan Bakal Heboh dan Meriah, Festival Bengawan Bojonegoro 2018

0 165

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Festival Bengawan bakal digelar mulai Sabtu (29/12/2018) hingga Minggu (30/12/2018). Festival Bengawan tahun 2018 ini, dilaksanakan di 2 (dua) lokasi, yakni di Lapangan Sale, turut Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu dan di Taman Bengawan Solo (TBS) yang berada di Tambangan Banjarsari, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Bojonegoro, Jawa timur.

Rangkaian kegiatan Festival Bengawan diawali dengan sarasehan bengawan, yang menghadirkan sastrawan kondang yakni, Bramantyo Prijosusilo dan Semar Suwito. Acara Sarasehan Bengawan dihibut dengan kesenian tradisional seperti musik lesung dan sandur.

Sedangkan, puncak acara festival perahu hias bakal digelar Minggu (30/12/2018), dengan start di Bengawan solo yang berada di utara Lapangan Sale, turut Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu berjalan menuju ke arah timur dengan finish di Taman Bengawan Solo (TBS) yang berada di Tambangan Banjarsari, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Bojonegoro.

Acara Festival Bengawan bakal dimeriahkan dengan Melukis On The Spot, Sastra Bengawan. Dalam Festival Perahu hias bakal memperebutkan total hadiah 45 juta dan tropy.

Ketua Panitia Festival Bengawan, Didik Wahyudi, kepada para awak media ini mengatakan, bahwa Festival Bengawan kali ini akan lebih menarik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, dalam festival tahun ini, para peserta berpartisipasi secara mandiri atau swadaya. Dalam kegiatan tersebut, tampil puluhan peserta dengan kategori desa dan umum

“Panitia menyediakan hadiah perahu hias, sebesar Rp 45 juta dan tropy,” kata Didik Wahyudi, Jumat (28/12/2018).

Ditambahkan, dalam kegiatan sarasehan bengawan, panitia akan menghadirkan sastrawan kondang, yaitu Bramantyo Prijosusilo dan Semar Suwito. Selain itu panita juga akan mengundang para seniman lukis untuk meramaikan festival tersebut agar lebih menggugah hati.

“Hasil lukisan akan kita lelang, hasilnya untuk sedekah budaya dan festival tahun berikutnya,” tuturnya.

Masih menurut Mas Didik – demikian Ketua Panitia Festival Bengawan, Didik Wahyudi, akrab disapa – pihaknya optimis jika festival kali ini lebih menarik dan heboh dengan pesan moral menjaga keindahan dan kelestarian sungai Bengawan Solo, salah satunya dengan tak membuang sampah ke sungai.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid,SSos,MSi, mengatakan peserta festival perahu hias, hingga hari ini untuk kategori desa yang telah mendaftar ada 8 desa, sedangkan dari umum dan lembaga yang telah mendaftar ada 11 perserta. Sehingga total peserta hingga Jum’at (29/12/2018) ada 20 peserta.

“Rencananya, Festival Perahu Hias bakal diberangkatkan oleh Ibu Bupati Bojonegoro Ibu Hj Anna Mu’awanah Minggu tangga 30 Desember 2018 dengan start di Lapangan Sale, Sukoharjo,” kata Amir Syahid.

Ditambahkan, jangan lupa datang dan saksikan, Festival Bengawan Bojonegoro 2018, yang dipastikan bakal berlangsuh meriah.

**(Kis/Red).

Baliho Festival Bengawan Bojonegoro 2018