Di Hari Ibu, Arus Bawah Jokowi DPD Jatim, Blusukan Bagi-bagi Puluhan Paket Sembako

0 562

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Ada-ada saja, cara yang dilakukan oleh Arus Bawah Jokowi (ABJ) Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa timur, dalam memperingati Hari Ibu yang Ke-90, yang jatuh di hari Sabtu, tanggal 22 Desember 2018.

Pengurus harian ABJ DPD Jatim, gelar bhakti sosial (bhaksos) dengan acara yang dkemas dalam bhaksos “Untukmu Ibu”. Sekretaris DPD ABJ Jatim Agus Sutikno, Wakil Ketua Suharsono, Bendahara Herny Trias Ambar, Wakil Sekretaris I Sukisno dan Anggota Departemen Pemberdayaan Perempuan Yuli Rahayu Wijayanti, blusukan mendatangi ibu-ibu yang ada di rumah atau yang masih bereda di lokasi kerjaanya itu.

Bhaksos yang digelar di wilayah Bojonegoro itu, langsung mendatangi puluhan rumah ibu-ibu yang bakal menjadi sasaran bhaksos. Targetnya adalah seorang ibu yang bekerja banting tulang untuk membantu suaminya dalam mencukupi kebutuhan keluarganya.

Bahkan, ada perempuan yang harus kerja keras untuk mencukupi kebutuhan keluarganya karena suaminya telah dipanggil yang Maha Kuasa atau sudah meninggal dunia. Mereka itulah yang berhak mendapat apresiasi berupa bingkisan paket sembako dari Arus Bawah Jokowi DPD Jatim itu.

Blusukan Arus Bawah Jokowi DPD Jatim, saat mendatangi Retnaning Ati seorang perempuan yang bekerja sebagai pedagang es di Jalan Panglima Sudirman, Bojonegoro, Jawa timur, Sabtu (22/12/2018).

Ketua DPD Jatim Arus Bawah Jokowi, Jimmi Junaidi melalui Sekretaris Agus Sutikno mengatakan, kegiatan untukmu ibu ini digelar dalam rangka turut memperingati Hari Ibu yang ke-90 atau Tahun 2018 ini.

“Arus Bawah Jokowi DPD Jatim, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kaum ibu, di hari Ibu yang ke-90, tahun 2018 ini. Kami memberikan apresiasi dengan membantu memberikan paket sembako. Hal itu, karena mereka telah menginspirasi para ibu-ibu yang ada di wilayah Jatim khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” ungkap Sekretaris Arus Bawah Jokowi DPD Jatim, Agus Sutikno, Sabtu (22/12/2018).

Sementara itu, Bendahara Arus Bawah Jokowi DPD Jatim Herny Trias Ambar yang didampingi anggota Departemen Pemberdayaan Perempuan Yuli Rahayu Wijayanti, kepada para awak media mengatakan, kegiatan kepedulian terhadap pemberdayaan perempuan, tak hanya berhenti di sini sebab akan ada kegiatan pelatihan UMKM yang digelar ABJ Jatim bagi perempuan di wilayahnya itu.

“Bhaksos dengan membagi-bagikan puluhan paket sembako kepada ibu-ibu, diberikan kepada perempuan yang bisa menginspirasi kaumnya. Kegiatan ini menjadi tonggak awal untuk kita bekerja untuk pemberdayaan perempuan. Saat ini, sudah kita rencanakan untuk segera menggelar pelatihan UMKM bagi perempuan Jawa timur yang akan kita awali dari Bojonegoro ini,” kata wanita yang aktif di Partai Golkar itu, menegaskan.

Blusukan Arus Bawah Jokowi DPD Jatim, saat mendatangi Sulistyaningsih seorang tukang sol sepatu yang berada di Imam Bonjol, Bojonegoro, Jawa timur, Sabtu (22/12/2018).

Perempuan yang menjadi sasaran blusukan, ada Masayah Dwi Cahyanti (43) seorang tukang sapu yang bekerja sebagai tenaga kontrak di Dinas Lingkunagan Hidup (DLH) Pemkab Bojonegoro. Wanita asal Kelurahan Ledok kulon, Kecamatan Bojoneegoro Kota itu, bangga dengan kepemimpinan Pak Jokowi yang menurutnya peduli dengan Wong Cilik.

“Saya bangga dengan Pak Jokowi karena dalam kepemimpinan, Pak Jokowi peduli dengan masyarakat kecil,” ungkap wanita yang akrab disapa Mbak Yah itu, serius.

Pekerjaanya sama yaiut di bidang kebersihan, dilakukan juga oleh Marsih (53) yang tinggal di Jalan Brigjen Sutoyo Gang Cholil, Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro Kota ini. Hanya saja, Marsih bekerja sebagai tenaga kebersihan di lingkungan tempat tinggalnya.

Setiap hari Marsih, harus mengambil sampah di masing-masing rumah warga dengan gerobaknya, selanjutnya di bawa ke TPA Sampah yang berada di utara Makam Kembar Singonoyo. Dari bekerja memungut sampah di lingkungan RT 002, RW 001 itu, Marsih memperoleh upah per rumah Rp 20 ribu untuk setiap bulannya.

Foto bareng: Usai menyerahkan paket sembako, Pengurus Arus Bawah DPD Jatim, foto bareng dengan petugas kebersihan DLH Pemkab Bojonegoro, Masayah Dwi Cahyanti (43), Sabtu (22/122018).

Seperti halnya dengan dengan seorang wanita bernama Sulistyowati (45) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang sol sepatu di atas trotoar yang ada di Jalan Imam Bonjol atau utara Kantor Pemkab Bojonegoro ini, juga memperoleh paket sembako di hari Ibu, yang merupakan bhaksos dari Arus Bawah Jokowi DPD Jawa timur itu.

“Terima kasih Pak Jokowi, semoga sukses selalu,” demikian disampaikan oleh wanita yang tinggal di Jalan Meliwis putih, Kelurahan Ngrowo, Bojonegoro itu.

Selanjutnya, Bhaksos Arus Bawah Jokowi DPD Jatim bergerak ke beberapa titik, dengan sasaran memberikan kejutan berupa paket sembako bagi ibu-ibu yang diketahui sedang beraktifitas dan layak memperoleh apreasiasi di Hari Ibu ini.

**(Kis/Red).