Di Acara Sambang Desa, Dalam Sehari Bupati Bojonegoro Kunjungi 4 Desa di Wilayah Kecamatan Baureno

408

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Ada acara dialog antara bupati dengan masyarakat perdesaan secara langsung, yang dikemas dengan kegiatan sambang desa. Seperti halnya dengan kegiatan sambang desa dilaksanakan oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah di Dusun Mojopencol, Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (28/1/2019) pagi.

Dalam kegiatan sambang desa kali ini, digelar di rumah Kaur Keuangan Desa Kalisari Beny Saputra (48) yang berada di Dusun Mojopencol, RT 009, RW 004, Desa Kalisari, Kecamatan Baureno itu, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah hadir bersama rombongan, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Jupari, Kepala Dinas sosial Helmi Elizabeth dan Plt Dinas PU Bina Marga Nur Sujito.

Dalam kata sambutanya, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah mengatakan, kegiatan sambang desa yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk melaksanakan silaturahmi dan dialog dengan masyarakat di wilayah perdesaan secara langsung.

“Kita bisa berkomunikasi dengan masyarakat perdesaan secara langsung, sehingga bisa menyerap aspirasi masyarakat di wilayah desa yang merupakan masyarakat di lapisan paling bawah. Aspirasi mereka perlu kita dengarkan, kita tamping dan dimasukkan dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Bojonegoro ini,” ungkap bupati wanita pertama di Bumi Angling Dharma itu, Senin (28/1/2019).

Selain menyerap aspirasi masyarakat, orang nomor satu di Jajaran Pemkab Bojonegoro itu, juga menyampakan sosialisasi 17 program yang dilaksanakan selama 5 (lima) tahun berjalan dalam kepemimpinannya tersebut.

“Ada 3 program prioritas yakni, pembangunan jalan jalan poros kecamatan atau jalan kabupaten, jembatan dan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), yang harus tuntas dalam 3 (tiga) tahun,” ujarnya.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah saat memberikan sambutan di acara Sambang desa yang bertempat di Dusun Mojopencol, Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (28/1/2019) pagi.

Masih menurut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah,akrab disapa – selain 3 program prioritas tersebut, ada program santunan untuk 8 ribu anak yatim, bantuan Lansia sebanyak 2 ribu, insentif untuk 5 ribu guru TPA/TPQ, santunan kematian bagi warga miskin di Bojonegoro.

Ditambahkan, untuk pedagang ada program KPP (Kartu Pedagang Produktif), yang telah diLaunching Rabu (16/1/2019) lalu dan bagi para petani akan segera diluncurkan Program KPM (Kartu Petani Mandiri), serta masih banyak program yang semuanya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

Acara Sambang desa dengan disertai dialog antara warga dengan bupati tersebut, menampilkan moderator Camat Baureno Hj Luluk Alifah,SE,MM, dengan 3 (tiga) nara sumber, yakni, Kepala Dinas Pertanian Jupari, Kepala Dinas sosial Helmi Elizabeth dan Plt Dinas PU Bina Marga Nur Sujito.

Masyarakat diberikan kebebasan dalam menanyakan berbagai hal yang terkait dengan pelayanan masyarakat dan pembangunan yang ada di desanya itu. Muncul pertanyaan, tentang belum tuntasnya pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jembatan desa serta berbagai persoalan di desa tersebut.

Sementara itu, Plt Dinas PU Bina Marga dan Tata ruang Nur Sujito, saat menjadi nara sumber di acara Sambang desa di Dusun Pencol, Desa Kalisari itu menyampaikan, jika ada usulan pembangunan desa yang tak mampu dibiayai oleh dana ADD (Alikasi Dana Desa) dan DD (Dana Desa),agar diajukan ke Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui proposal lengkap dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya).

“Jika ada usulan masuk, maka pihak Pemkab Bojonegoro, akan menurunkan tim untuk melakukan survei apakah usulan tersebut layak apa tidak. Jika memang dipandang perlu untuk ditangani Pemkab maka pembangunan yang diusulkan itu, akan dibiayai langsung oleh Pemkab melalui dana APBD (Anggaran Pendapatan Daerah) Kabupaten Bojonegoro melalui BKD (Bantuan Keuangan Desa),” ungkap Nur Sujito, yang pernah menjabat Plt Camat Baureno itu.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah berfoto bersama usai acara Sambang desa yang bertempat di Dusun Mojopencol, Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (28/1/2019) pagi.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah bersama rombongan, disambut oleh Camat Baureno Hj Luluk Alifah,SE,MM, Kapolsek Baureno AKP Marjono,SH, murid-murid SD Kalisari 1, Kepala desa Kalisari Khoirudin (40), Kaur Keuangan Beny Saputra (48), para perangkat desa Kalisari, Tokoh masyarakat dan tokoh agama Dusun Mojopencol khusunya dan Desa Kalisari umumnya, serta undangan lainnya.

Selain Sambang desa di Desa Kalisari, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah bersama rombongan, melanjutkan kunjungan sambang desa ke Desa Gunungsari, Desa Kadungrejo dan Desa Banjaran, yang semuanya berada di wilayah Kecamatan Baureno.

**(Kis/Red).

Loading...