Debat Capres Perdana, KPU Undang Para Mantan Presiden RI

78

JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, persiapan debat perdana capres-cawapres Pemilu 2019 yang bakal digelar Kamis 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta hampir rampung.

Dalam debat perdana capres – cawapres dalam Pemilu 2019, antara pasangan nomor urut 1 Ir H. Joko Widodo – Prof DR (CH) KH Ma’ruf Amin vs pasangan nomor urut 2 yaitu H. Prabowo Subianto – H.Sandiaga Salahudin Uno itu, mengambil tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

“Ya kira kira 99 persen. Undangan sudah kita sebar dengan dengan nama-nama dan alamat yang benar. Rapat cek terakhir juga sudah dilaksanakan Rabu tanggal 16 Januari kemarin dan semuanya persiapan sudah dinyatakan siap,” kata Pramono di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (17/1/2019) pagi.

Pram menambahkan, sejumlah tokoh penting akan diundang oleh KPU untuk menyaksikan debat perdana kali ini di antaranya para mantan Presiden Republik Indonesia.

“Kami mengundang Presiden RI ketiga bapak BJ Habibie, presiden kelima ibu Megawati, presiden keenam bapak SBY, termasuk beberapa wakil presiden seperti Pak Hamzah Haz dan Pak Boediono,” katanya.

KPU juga mengundang pimpinan lembaga tinggi negara, pimpinan komisi negara, lembaga lembaga penyelenggara pemilu, perguruan tinggi, pimpinan organisasi kemasyarakatan, keagamaan, kepemudaan hingga lembaga pemantau pemilu.

“Khusus Bagi masing-masing pasangan calon presiden dan wakil preside,n KPU memberikan khusus 100 undangan di dalam arena debat kandidat yang bakal berlangsung nanti malam itu,” ungkapnya.

Ditambahkan, dikarenakan ruangan acara sangat terbatas, maka dalam ruangan itu hanya dengan kapasitas 500 orang. Sehingga, bagi masing-masing pasangan calon (paslon) hanya bisa menghadirkan 100 orang saja sehingga 2 paslon jumlahnya 200 orang.

“Sedangkan, sisanya yang 300 orang itu, undangan menjadi kewenangan KPU untuk mengundangnya,” pungkasnya.

**(Anto/Red).

Loading...