Daftar Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran 2018

57

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mewanti masyarakat agar tetap berwaspada selama perjalanan mudik Lebaran 2018. Ia pun turut menyampaikan sejumlah titik yang rawan kecelakaan.

“Yang pasti kalau untuk tol, titik rawannya di Cipali,” kata Budi di lokasi Car Free Day Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (6/5/2018).

Selain itu, lanjut Budi, titik rawan kecelakaan lain yang perlu diwaspadai oleh pemudik adalah jalur menuju Pelabuhan Merak dan arah Garut, Jawa Barat.

Agar insiden kecelakaan pada saat mudik Lebaran 2018 bisa diminimalisir, Budi mengimbau para pemudik yang berencana melakukan perjalanan dengan sepeda motor beralih memakai transportasi umum. Kendati demikian, kecelakaan tetap tidak bisa dihindari.

Daftar Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran 2018 Seperti Dikutip Antara:

1) 8 Juni 2018, Kecelakaan Bus di Situbondo (3 Orang Luka Berat)
Sebuah bus jurusan Bondowoso-Surabaya/Malang mengalami kecelakaan tunggal dan terjun ke jurang sedalam sekitar enam meter di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada Jumat (8/6/2018).

Insiden tersebut terjadi akibat rem bus tidak berfungsi dengan baik. Kejadian ini juga mengakibatkan tiga orang penumpang mengalami luka berat seperti patah tulang di kaki hingga luka robek.

Sementara dua penumpang lainnya mengalami luka ringan.

2) 9 Juni 2018, 70 Kecelakaan pada H-7 (14 Meninggal Dunia)
Karopenmas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan total 70 kecelakaan terjadi di seluruh Indonesia pada H-7 Lebaran.

Menurut Iqbal, kecelakaan tersebut mengakibatkan 14 orang meninggal dunia, 12 orang luka berat dan 84 orang mengalami luka ringan.

Namun, ia tidak merincikan letak lokasi terjadinya kecelakaan tersebut.

3) 10 Juni 2018, Kecelakaan Tunggal di Cipali (7 Orang Luka)
Terjadi kecelakaan tunggal minibus di tol Cikopo-Paliaman (Cipali) KM 152.400 arah Jakarta. Kecelakaan tersebut mengakibatkan tujuh orang luka ringan.

Kasatlantas Polres Majalengka, AKP Isnadi Anang mengatakan kecelakaan tunggal yang dialami minibus Daihatsu Grand Maz itu terjadi sekitar pukul 13.37, tepatnya di KM 152.400 jalur B Tol Cipali Majalengka, arah Jakarta.

4) 11 Juni 2018, Dua Kecelakaan di Jalur Mudik Madura
Terjadi dua kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran di jalur mudik Madura. Kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya Gunung Geger, Kecamatan Blega, Bangkalan itu terjadi akibat ban mobil Avanza pecah.

Sementara kecelakaan di Jalan Daya Asem Manis, Pamekasan itu akibat sopir mobil Escudo mengantuk sehingga menabrak trotoar jalan.

Namun dua kecelakaan ini tidak menyebabkan adanya korban jiwa.

5) 12 Juni 2018, Kecelakaan di Sumut (1 Orang Tewas)
Satu orang tewas dan sembilan luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas di Sumatera Utara.

Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan kecelakaan di Medan menyebabkan satu orang luka berat, satu orang luka ringan.

Selanjutnya di Polres Binjai terdapat tiga orang luka ringan. Sementara di Polres Tapanuli Tengah terdapat satu orang meninggal dunia dan satu orang luka ringan.

Nainggolan menyebutkan di Polres Tanah Karo ada satu orang menggalami luka ringan. Sementara di Polres Toba Samosir ada satu orang luka berat dan empat orang luka ringan.

6) 12 Juni 2018, Kecelakaan di Tol Cipali (2 Orang Meninggal)
Kendaraan pemudik yang melaju dari arah Jakarta menuju Cirebon, Jawa Barat menabrak dua petugas tol Cipali sehingga menyebabkan meninggal dunia, Selasa (12/6/2018). Kejadian itu terjadi di KM 126,200 A.

Petugas yang meninggal itu adalah Fahmi Hasyim (26) dan Rustiana (44). Fahmi adalah petugas patroli LMS, yang beralamat Desa Sukareja Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Sementara Rustiana adalah petugas derek yang beralamat di Kampung Awipari II Desa Awipari, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Tasikmalaya.

Sumber: Antara

Loading...
Comments
Loading...