Cara Daftar Mudik Gratis, Dibuka Mulai 20 Maret 2019

78


Ilustrasi. Bus tujuan Solo diberangkatan dalam rangka Mudik Bareng Guyub Rukun Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 bersama Kementerian Perhubungan dan Jasa Raharja, di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (22/12/2018). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/kye.

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI kembali bakal menggelar mudik gratis Hari Raya Idul fitri 1440 Hijriah yang bertepatan Tahun 2019 Masehi, di beberapa kawasan terutama di Pulau Jawa, yang pendaftarannya akan dimulai Rabu, (20/3/2019). 

Para pemudik yang ingin mengikuti program mudik gratis tersebut, bisa mengajukan pendaftaran melalui situs mudik gratis Dinas Perhubungan di beberapa daerah masing masing. 

Pemudik yang menggunakan sepeda motor diwajibkan melampirkan STNK dan berlaku untuk 1 keluarga untuk satu motor. Atau bisa mendaftar secara online di mudikgratis.dephub.go.id, yang sudah bisa diakses mulai besok.

“Satu pendaftar dan yang bisa titip motor punya kuota dua orang untuk diangkut bus mudik gratis,” kata dia.

Untuk memfasilitasi mudik gratis 2019 ini, Kemenhub mengaku telah menyediakan anggaran Rp34 miliar, naik dibandingkan tahun lalu.”Kalau tahun kemarin yang mencapai Rp 27,6 miliar, tahun ini naik Rp7 miliar, jadi tahun ini Rp34 miliar,” kata dia.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan jumlah kota tujuan untuk program mudik gratis 2019 bertambah dibandingkan tahun lalu. 

Jika di tahun lalu hanya tersedia 32 kota tujuan, di tahun ini Kementerian Perhubungan menambah kota tujuan menjadi 40. 

Kota-kota tujuan tersebar mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur serta beberapa kota di Sumatera seperti Lampung dan Palembang.

“Fokus kami kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor supaya bisa ikut program mudik gratis,” demikian dikatakan Budi Setiadi di kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (19/3/2019).

Ia juga menjelaskan, fasilitas untuk angkutan truk motor juga ditambah dari 70 truk pada 2018, menjadi 100 truk pengangkut tahun ini. Dengan jumlah itu, diperkirakan sebanyak 3.500 sepeda motor milik pemudik bisa diangkut.

Ia menjelaskan, di tahun lalu, realisasi pemudik yang memanfaatkan program mudikgratis mencapai 44.041 orang pemudik. 

Untuk mengakomodasi jumlah pemudik tersebut, Kemenhub telah menyiapkan sebanyak 1.200 bus. Jumlah bus tersebut juga bertambah dari realisasi tahun 2018 yang hanya ada sebanyak 1.073 bus.

*) Artikel sebelumnya sudah tayang di:tirto.id

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy