Bupati Bojonegoro Serahkan Sertipikat Program PTSL Secara Simbolis, di Bubulan

0 125

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Penyerahan sertipikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kepada para pemohon yaitu warga Desa Bubulan, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, berlangsung di lahan dekat Embung Dusun Tlotok, Desa Bubulan, Rabu (13/2/2019).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bojonegoro, DR Hj Anna Mu’awanah, dengan didampingi Kepala BPN Bojonegoro Lampri, Ketua DPRD Bojonegoro Sigit Kushariyanto, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli,SIK,MH,M.Si, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, Asisten II Setyo Yuliono, Ketua FKUB Bojonegoro KH Alamul Huda.

Acara yang digelar di Lahan Embung Dusun Tlotok itu, diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala desa Bubulan Sukriono.

Bupati Bojonegoro, DR Hj Anna Mu’awanah, saat bernyanyi bersama Forpimda dan udangan, usai menyerahkan sertipikat program PTSL secara simbolis, yang digelar di lahan dekat Embung Dusun Tlotok, Desa Bubulan,Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (13/2/2019).

Dalam kata sambutanya itu, kades menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dan Forpimda Bojonegoro serta rombongan dari BPN Bojonegoro yang berkunjung di desanya dalam rangka penyerahan sertifikat secara simbolis program PTSL tersebut.

“Perlu kami sampaikan bahwa, Desa Bubulan telah melaksanakan program prona (Program Nasional Agraria) di era Kades Juri dan selama saya menjabat sudah 2 kali ikut program Prona dan program PTSL. Sehingga, dengan telah selesainya PTSL ini maka semua lahan Desa Bubulan sudah terpetakan dan sudah bersertifikat,” ujar Sukriono.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam kata sambutanya mengatakan, dirinya merasa bersyukur dengan keberhasilan Desa Bubulan, yang telah menyelesaikan program PTSL tahun 2018, sebanyak 855 bidang.

Tampak, undangan di acara penyerahan sertipikan PTSL oleh Bupati Bojonegoro, DR Hj Anna Mu’awanah, di lahan dekat Embung Dusun Tlotok, Desa Bubulan,Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (13/2/2019).

“Dengan memiliki sertipikat maka harga tanah akan semakin naik. Selain itu, warga yang memiliki sertifikat juga bisa dimanfaatkan untuk agunan pinjam uang di bank dengan bnga ringan yang bisa dipakai untuk usaha,” ungkap Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, Rabu (13/2/2019).

Ditambahkan, pihak Pemereintah kabuaten (Pemkab) Bojonegoro bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bojonegoro, untuk menuntaskan sertipikat di Kabupaten Bojonegoro di tahun 2023 mendatang.

“PTSL ini merupakan Program Presiden Jokowi, sertifikat gratis ini juga yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dan Kabupaten Bojonegoro ini menyambut baik program tersebut, bahkan Kabupaten Bojonegoro menjadi kabupaten terbaik dan tercepat dalam pelaksanaan program PTSL Se-Indonesia,” ungkap wanita yang akrab disapa Bu Anna itu.

Sebelumnya, Kepala BPN Bojonegoro Lampri,APtnh,SH,MH, merasa tersanjung dengan kehadiran orang nomor satu di Bumi Angling Dharma, yang berkenan menyerahkan sertipikat PTSL secara simbolis ke warga Desa Bubulan, Kecamatan Bubulan ini.

Suasana, pembagian sertipikat PTSL Desa Bubulan, yang digelar di lahan dekat Embung Dusun Tlotok, Desa Bubulan,Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (13/2/2019).

Dalam sambutanya, Lampri menyatakan bahwa di wilayah Kecamatan Bubulan itu ada 5 desa, yang sudah melaksanakan sertifikat prona dan PTSL sudah ada 4 desa yakni, Desa Bubulan, Cancung, Clebung dan Ngorogunung.

“Dari 4 desa, yang sudah melaksanakan kegiatan sertikat PTSL adalah Desa Bubulan, Desa Cancung, Desa Clebung dan Ngorogunung sudah melaksanakan dan tinggal Desa Sumberbendo yang baru pelaksanaan tahun 2019 ini, Sehingga sertifikat wilayah Kecamatan Bubulan, bakal segera diselesaikan, dengan sudah terpetakan dan bersertifikat,” ungkap Lampri.

Tampak hadir, Camat Bubulan Agus S Hardianto, Kapolsek Bubulan AKP Nugroho Basuki, Danramil Bubulan Kapten Inf Suli, Camat Dander nanik Lusetiyani, Kapolsek Dander AKP H. Mashadi, Camat Temayang Heri Widodo, Camat Sekar Imam Cahyono, serta undangan lainnya.

**(Kis/Red).