Bupati Bersama Kasdim 0812 Lamongan Ikuti Gropyokan Tikus, di Kedungpring

20

LAMONGAN (Rakyat Independen)- Hama tikus akhir-akhir sangat mengancam petani hingga bisa membuat petani gagal panen karenanya. Guna membantu kesulitan petani itu, Kodim 0812 Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Kelompok tani bersama-sama membantu petani dengan melaksanakan gropyokan tikus.

Seperti halnya dengan kegiatan Gropyokan pengendalian hama tikues itu, digelar di persawahan yang berada di Desa Dradah Blumbang, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa timur, Jum’at (29/12/2017).

Sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Lamongan Ir. Aris Setyadi mengatakan, bahwa Gerakan gropyokan pengendalian hama tikus yang dipusatkan di wilayah Kecamatan Kedungpring tersebut, dikarenakan di wilayah itu sangat besar hama tikusnya.

“Kegiatan kita pusatkan di wilayah Kecamatan Kedungpring sebab di wilayah sini, hama tikus paling banyka jika dibandingkan dengan wilayah Kecamtan lainnya. Mudah mudahan gerakan ini bisa merubah dan meningkatkan ketahanan pangan di Wilayah Kabupaten Lamongan ini,” tegasnya.

Anggota Kodim 0812 Lamongan bersama petani saat melakukan pemasangan racun tikus dengan cara dibakar dan ditembakkan pada tiap lubang tikus di kegiatan Gropyokan pengendalian hama tikus itu, digelar di persawahan yang berada di Desa Dradah Blumbang, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa timur, Jum’at (29/12/2017).

Sementara itu, Bupati Lamongan H. Fadeli,S,MM, kepada para awak media mengatakan, intinya hama tikus itu merupakan cobaan dari Allah SWT buat petani, sehingga petani juga harus tabah akan tetapi tetap berupaya melakukan pencegahan termasuk dengan kegiatan gropyok tikus pada hari ini.

“Mudah-mudahan gropyokan hama tikus yang dilaksanakan hari ini bisa membuahkan hasil. Saya harapkan seluruh petani kompak dan tetap semangat untuk mengupayakan melakukan pengendalian hama tikus sehingga Program Swasembada Pangan di wilayah Kabupaten Lamongan ini bisa berhasil dengan sukses,” tegas Bupati Lamongan H. Fadeli,SH,MM, didampingi Kasdim 0812 Lamongan Mayor Inf Suko Edi, dihadapan para petani di wilayah Kedungpring itu.

Setelah itu, dilanjutkan pengecekan lokasi Gropyokan Pengendalian Hama Tikus dan pemasangan racun tikus dengan cara dibakar dan ditembakkan pada tiap lubang tikus yang ada.

Bupati Lamongan H. Fadeli,SH,MM, didampingi Dra. Hj. Kartika Hudayati,MM,MHP, yang juga Wabup Lamongan, Kasdim 0812 Lamongan Mayor Inf Suko Edi, ada Ir. Aris Setyadi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Lamongan, Sekda Lamongan Dr. Yuhronur Efendi,MBA, Forpimka Kedungpring, Camat Se-Kabupaten Lamongan, Para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Kedungpring, Anggota Kodim 0812 Lamongan, Kelompok tani Sumber Tani dan para petani setempat. **(Kis/Red).

Loading...
Comments
Loading...