BUMDes Mitra Sejahtera Baureno, Sediakan Bibit Bunga, Buah, Penghijaun dan Bonsai serta Siap Mengerjakan Taman

119

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Bicara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang produktif di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, adalah BUMDes Mitra Sejahtera Desa Baureno, Kecamatan Baureno.

BUMDes Mitra Sejahtera Baureno, bergerak di bidang pembibitan tanaman holtikultura, yakni, bibit tanaman hias, tanaman buah dan tanaman penghijaun serta bonsai.

Untuk bisa melakukan pembibitan sendiri, Kades Baureno Sukarno, bersama beberapa warganya sudah melakukan study tiru sejak tahun 2015 silam, di beberapa lokasi yang sudah lebih awal menjadi daerah industri holtikultura seperti di wilayah Kecamatan Sidomulyo, Batu di Ngadiluwih, Kediri dan di Sragen Jawa tengah serta tempat-tempat lainnya.

Kades Baureno Sukarno bersama beberapa warga setiap hari Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya, selalu bepergian dan berguru agar bisa melakukan pembibitan sendiri, baik tanaman hias, buah dan penghijauan serta bonsai.

Selanjutnya, warga mendirikan UD Sekar Arum dan Paguyuban Tunggak semi. Dengan adanya payung hukum tersebut, masyarakat Desa Baureno makin rajin melakukan pembibitan hingga kini telah terbentuk 8 (delapan) kelompok pembibitan itu.

Tampak, Kios bunga milik BUMDes Mitra Sejahtera Baureno yang berada di Jalur Bojonegoro – Babat, tepatnya di Jalan Raya Baureno, depan Koramil Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Setelah, warga mampu melakukan pembibitan itu, pihak pemerintah desa (Pemdes) Baureno mendirikan BUMDes Mitra Sejahtera yang berkantor satu atap di Kantor desa Baureno. Dengan diketuai oleh Nur kholik (36), BUMDes Mitra Sejahtera mendirikan kios bunga yang berada di Jalur Bojonegoro – Babat, tepatnya di Jalan Raya Baureno, depan Koramil Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Kios Bunga milik BUMDes Mitra Sejahtera itu, berada di pinggir jalan raya sehingga mudah dijangkau. Disitu telah dijual berbagai bibit bunga, tanaman buah dan bibit penghijauan. Juga menyediakn segala macam pot bunga.

Kades Baureno Sukarno kepada rakyatindependen.co.id mengatakan, BUMDes Mitra Sejahtera, mengajak masyarakat untuk meluangkan waktu dan memanfaatkan halaman rumah atau pekarangan untuk pembibitan.

“Dengan pembibitan ini, warga bisa memperoleh tambahan penghasilan untuk menopang ekonomi keluarga dan bisa meningkatkan PADes (Pendapatan Asli Desa) yang berasal dari kegiatan BUMDes tersebut. Selain itu, Desa Baureno bisa memperbaiki lingkungan agar lingkungan bisa hijau dan asri karena warganya bisa memproduksi bibit sendiri,” ungkap pria pengagum Bung Karno itu, Selasa (23/10/2018).

Tampak baliho, Kios bunga milik BUMDes Mitra Sejahtera Baureno yang berada di Jalur Bojonegoro – Babat, tepatnya di Jalan Raya Baureno, depan Koramil Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Melalui kegiatan warga di pembibitan holtikulutara itu, diharapkan Desa Baureno bakal menjadi Desa wisata dengan memproduksi pembibitan tanaman bunga, buah dan penghijauan serta bonsai itu. Masyarakat umum, bisa datang ke Desa Baureno untuk belajar tentang bagaimana cara pembibitan itu.

“Dengan banyaknya kunjungan masyarakat ke Desa Baureno maka perekonomian di Baureno bakal meningkat sehingga masyarakatnya akan makin sejahtera,” ujar pria yang akrab disapa Mas Karno itu, serius.

Perlu diketahui, BUMDes Mitra Sejahtera Baureno, menjual berbagai tanaman hias, buah dan penghijauan lengkap. Harga lebih murah sebab bisa produksi bibit sendiri, jika kurang percaya bisa di ceck dan dibandingkan harganya dengan kios bunga yang lain.

Selain itu, BUMDes Mitra Sejahtera Baureno, juga siap mengerjakan taman, termasuk siap menyediakan rumput dan berbagai tanaman hias dan bonsai yang dibutuhkan untuk mempercantik taman yang dibangun itu.

**(Kis/Adv).

Loading...