Bermekaran Bunga Tabebuya di Lamongan Menambah Indah Kota

43

Bunga Tabebuya yang memiliki keindahan memukau juga bisa bermekaran di kota Lamongan. Bunga ini memiliki tiga warna yakni Kuning, putih, Ungu. Bahkan tiga tahun lalu bunga ini juga banyak mekar di kota Soto.

Layaknya musim semi di Jepang, pohon-pohon tabebuya dengan aneka warna bunga itu itu bermekaran. Pohon yang mirip dengan sakura ini tampak indah menghiasi jalan-jalan di Kota Lamongan.

“Tiga tahun lalu kami menanam tabebuya, dan alhamdulillah sekarang sudah mulai tampak hasilnya, bermekaran dan bisa kita nikmati keindahannya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamongan Wahyudi kepada wartawan, Jumat (22/11/2019).

Menurut Wahyudi, tabebuya tersebut mereka datangkan langsung dari Brasil. Tanaman ini dipilih, ujar Wahyudi, untuk memberikan peningkatan ruang terbuka hijau dan keindahan warnanya ketika berbunga. Tanaman jenis peneduh ini, lanjut Wahyudi, mulai dikembangkan sejak 2017 dan ternyata cocok dengan kondisi cuaca Lamongan.

“Awalnya dulu kami siasati dengan melakukan karantina pada tanaman tersebut sebelum ditanam,” jelasnya.

Loading...

Wahyudi menuturkan kelebihan tanaman ini adalah tidak membutuhkan banyak air dan akarnya tidak merusak jalur pedestrian. Pemupukan, penjarangan, dan penyiraman pun dilakukan normal seperti tanaman lainnya.

“Tanaman tabebuya merupakan jenis tanaman yang memiliki ketinggian wajar serta mudah perawatannya,” terang Wahyudi seraya menambahkan bahwa tanaman ini ketika itu dipilih untuk menggantikan tanaman lain yang sudah tua.

Saat bersemi seperti sekarang, beberapa lokasi tabebuya bermekaran menjadi incaran untuk dijadikan lokasi foto, terutama pada sore hari. Apalagi tabebuya yang berada di lokasi keramaian selalu menjadi incaran karena penasaran.

“Senang saja dengan tabebuya dan ternyata di Lamongan juga bisa bermekaran,” kata Rahma, warga Jalan Merpati, Lamongan.

Rahma mengatakan selama ini ia penasaran dengan tabebuya yang bentuknya seperti bunga sakura. Rahma mengaku mekarnya bunga tabebuya ini membuat suasana Lamongan semakin asri dan indah. “Sayang, bunganya gampang layu,” ujarnya.

Ada banyak spot jalan di Lamongan yang sudah ditanami tabebuya dan kini juga bermekaran. Beberapa titik tersebut di antaranya di depan kantor Bupati Lamongan di Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Lamongrejo, di sepanjang Jalan Veteran, dan di jalan poros nasional antara Desa Deket, hingga Desa Rejosari di Kecamatan Deket.

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More