Berikut ini, Hari-hari Penting Di Bulan Agustus, Udah Pada Tahu Belum ?

123

Nasional – Berikut ini, Hari-hari Penting Di Bulan Agustus, Udah Pada Tahu Belum ?, Bulan Agustus telah tiba, di Bulan ini adalah bulan penting dan bersejarah bagi Rakyat Indonesia. Karena di bulan kedelapan Bangsa Indonesia resmi memerdekakan diri dari Penjajahan Jepang. Bulan ini dijamin meriah karena di bulan inilah HUT Kemerdekaan RI diperingati. Tahu sendiri kan, HUT kemerdekaan selalu diwarnai upacara bendera, pawai, karnaval, lomba-lomba, dan kemeriahan lainnya?

Nah, selain itu, masih ada deretan peringatan penting yang layak kamu catat di bulan ini, baik versi nasional maupun internasional.

Berikut ini daftar hari Penting Di Bulan Agustus

* 5 Agustus: Hari Dharma Wanita Nasional
* 8 Agustus: Hari Ulang Tahun ASEAN
* 10 Agustus: Hari Veteran Nasional
* 10 Agustus: Hari Kebangkitan Teknologi Nasional
* 12 Agustus: Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara)
* 13 Agustus: Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api
* 14 Agustus: Hari Pramuka
* 17 Agustus: Proklamasi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
* 18 Agustus: Hari Konstitusi Republik Indonesia
* 19 Agustus: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia
* 21 Agustus: Hari Maritim Nasional

Peringatan Internasional versi PBB:
* 9 Agustus: Hari Penduduk Asli Internasional
* 12 Agustus: Hari Pemuda Internasional
* 19 Agustus: Hari Kemanusiaan Dunia
* 23 Agustus: Peringatan Internasional untuk Perdagangan Perbudakan dan Penghapusannya
* 29 Agustus: Hari Melawan Uji Coba Nuklir Dunia
* 30 Agustus: Hari Korban Penghilangan Paksa Internasional

Masih ada peringatan-peringatan yang diinisiasi oleh organisasi atau kelompok tertentu, misalnya:

* 6 Agustus: Hari Hiroshima
* 8 Agustus: Hari Lansia Dunia
* 8 Agustus: Hari Kucing Internasional
* 9 Agustus: Hari Nagasaki
Tentu saja kamu bisa menambahi hari-hari penting di bulan Agustus versi kamu, seperti hari ulang tahun kamu atau hari jadian kamu dengan si dia. Ehm…

Udah cukup tau kan, namun karena hanyaada info – onfo tanggalnya mari sedikit belajar sejarah lagi. Hari penting Bulan Agustus yang terjadi Di Indonesia :

 

1. HARI DHARMA WANITA NASIONAL
Orang tua kalian PNS? Mungkin Ibumu bagian dari roda penggerak Dharma Wanita, Sobat.

5 Agustus diperingati sebagai Hari Dharma Wanita Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Dharma Wanita merupakan organisasi istri para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Organisasi ini walaupun lahir di tanggal 5 Agustus 1974 tetapi ditetapkan pada 7 Desember 1999.

Dharma Wanita lahir dengan berazazkan Pancasila berdasarkan UUD 1945 dan GBHN (Garis Besar Haluan Negara). Nama organisasi Dharma Wanita diperbaharui menjadi Dharma Wanita Persatuan (DWP) untuk menyesuaikan dengan Kabinet Persatuan Nasional yang saat itu posisi Presiden dijabat oleh Almarhum Abdurrahman Wahid.

Dharma Wanita mempunyai tugas pokok

Membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan

Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan
Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak
Serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur.

Dengan kata lain, DWP mempunyai peran strategis dalam meningatkan peran perempuan dan pembentukan karakter melalui pengawasan pola asuh anak, sehingga diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berbudaya.

HARI ULANG TAHUN ASEAN
ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah organisasi antara bangsa yang awalnya terdiri dari lima negara Asia Tenggara, yang sekaligus sebagai pelopor terbentuknya ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Pada sejarahnya, ASEAN terbentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok berdasarkan Deklarasi Bangkok. Organisasi ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara – negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

Saat ini negara ASEAN lain telah turut menjadi bagian organisasi ini diantaranya Brunei Darussalam (bergabung pada 7 Januari 1984), Vietnam (bergabung 28 Juli 1995), Laos dan Myanmar (bergabung diwaktu yang sama 23 Juli 1997), dan Kamboja (bergabung pada 30 April 1999).

Dalam proses pembentukan ASEAN, Indonesia turut andil sebagai pencetus/founder, sehigga hal ini menjadi kebanggan tersendiri yang harus kita bina dan jaga citranya.

HARI VETERAN NASIONAL

hari Penting Di Bulan Agustus
Jadi, Veteran yang dalam bahasa latin disebut vetus, adalah individu yang pernah terlibat dalam masa pertempuran/perjuangan NKRI melawan kolonialisme di masa jajahan Belanda.

Mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan 10 Agustus diperingati sebagai Hari Veteran Nasional. Tanggal 10 Agustus dipilih dengan alasan untuk mengenang peristiwa gencatan senjata pemerintah NKRI dengan Belanda pada 10 Agustus 1949.

Saat ini para Veteran Nasional terhimpun dalam organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia atau yang disebut LVRI.

HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL
Jadi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peristiwa yang menjadi tonggak Hakteknas di Indonesia adalah penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung.

Peristiwa tersebut menandakan bahwa anak bangsa Indonesia mempunyai kapasitas kemampuan dan kreativitas yang tidak kalah dengan bangsa asing.

Pada era millennial, teknologi yang dikembangkan anak bangsa lebih bervariasi, mulai dari teknologi transportasi ataupun teknologi keuangan seperti PAYFAZZ.

Hal ini perlu menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Indonesia, dimana anak bangsa sudah mampu berkarya dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk membangun negeri.

HARI WANITA TNI ANGKATAN UDARA (WARA)
Realisasi pembentukan dilandasi dengan ide emansipasi wanita, dimana wanita juga mmepunyai hak yang sama untuk memilih pekerjaan dan profesi yang diinginkan. Terbentuk pada 12 Agustus 1963.

Awalnya tugas WARA hanya mencakup pemberian tugas yang sesuai dengan naluri atau kodrat perempuan seperti membantu di bagian administrasi, guru bahasa, dan bidang hukum.

Namun sejalan dengan waktu, para WARA mampu membuktikan bahwa mereka sanggup melakukan tugas lebih sepert menerbangkan pesawat dan lain sebagainya yang setara dengan Tentara pria.

HARI PERINGATAN PANGKALAN BRANDAN LAUTAN API
Pangkalan Brandan merupakan ibukota Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Daerah ini terletak di pesisir pantai timur pulau Sumatera, kira – kira 60 km di utara Kota Binjai.

Pangkalan Brandan adalah area yang sangat strategis karena dilalui oleh Jalan raya lintas Sumatera dan merupakan pintu gerbang provinsi Sumatera Utara.

Pangkalan Brandan sendiri sebenarnya adalah lokasi dimana tambang minyak milik Indonesia berada.

Peristiwa bersejarah ini adalah saat dimana para pahlawan Indonesia terdahulu membumihanguskan Pangkalan Brandan dengan tujuan sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah supaya kepemilikan Pangkalan Brandan tidak menjadi milik pihak Belanda.

Prosesi pembumihangusan Pangkalan Brandan diawali dengan peledakan tanki besar yang berada di kawasan tambang, fondasi penyulingan serta gedung – gedung perusahaan tambang minyak.

Maka, saat itu sekitar 13 Agustus 1947 jadilah Brandan Lautan Api.

Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa harga diri bangsa harus dijaga dan dijunjung tinggi, karena itu juga merupakan harga diri individu pribumi bangsa sendiri.

Wah, sangat besar sekali bukan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan kita dalam upaya melawan aktivitas penjajahan pada zaman itu?!

HARI PRAMUKA
Praja Muda Karana atau yang lebih dikenal dengan PRAMUKA merupakan organisasi kependidikan non formal, atau bisa disebut sebagai organisasi kepanduan Indonesia.

Pramuka dibentuk sebagai organisasi pendidikan non formal atau kepanduan pada 14 Agustus 1961.

Lambang tunas kelapa yang menjadi karakter Pramuka sejaka zaman dahulu berarti Pramuka adalah cikal bakal. Cikal – bakal dari terbentuknya tunas – tunas bangsa yang menjadi generasi bermoral dan berkarakter.

Buah kelapa juga sifatnya kuat dan ini berarti bahwa tunas bangsa Indonesia diharapkan mempunyai jiwa rohani dan jasmani yang kuat dan ulet.

HARI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA
Siapa yang tidak tahu Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, hari dimana Indonesia meraih kemerdekaan dan pengakuan dunia sebagai sebuah negara.

Hal ini juga merupakan satu titik dimana Indonesia menyatakan pengusiran terhadap penjajahan Belanda yang telah menjajah selama 3,5 abad.

Proses menjelang peristiwa Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dimulai saat 6 Agustus 1945 dimana bom atom dijatuhkan oleh Amerika ke kota Nagasaki dan Hiroshima.

Hal tersebut mulai menurunkan moral tentara Jepang di seluruh dunia, setelah itu tanggal 9 Agustus 1945 Amerika Serikat menjatuhkan bom atom kembali di Nagasaki, sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya.

Sementara pada 10 Agustus 1945 Sutan Syahrir telah mengetahui peristiwa penjatuhan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima, hal tersebut dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memprokalimrkan Kemerdekaan Indonesia.

Para pejuang bawah tanah bersiap – siap untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan menolak kemerdekaan tersebut sebagai hadiah dari pihak Jepang saat itu.

Singkat cerita atas dasar desakan Sutan Syahrir, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta diminta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Teks proklamasi di tulis di kediaman Laksamana Tadashi Maeda pada pukul 02.00 – 04.00 dini hari, dan diketik oleh Sayuti Melik.

Bendera Sang Saka Merah Putih dijahit oleh Ibu Fatmawati, dan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 di kediaman Ir. Soekarno di Jl. Pegangsaan timur no 56, yang kemudian dikenal dengan Jl. Proklamasi 1, Jakarta.

HARI KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA
Hari Konstitusi Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 18 Agustus.

Hari Konstitusi Indonesia mulai diperingati sejak 18 Agustus 2008 dimana kala itu adanya peristiwa tanda tangan Deklarasi Hari Konstitusi Indonesia oleh Lembaga Kajian Konstitusi.

HARI DEPARTEMEN LUAR NEGERI INDONESIA
Dua hari setelah hari Proklamasi, yaitu pada 19 Agustus 1945 dibentuklah Departemen Luar Negeri Indonesia (sekarang disebut Kementerian Luar Negeri).

Dengan berdirnya Departemen Luar Negeri Indonesia, maksud dan tujuan yang ingin dicapai diantaranya adalah merumuskan, menetapkan dan pelaksanaan kebijakan di bidang politik dan hubungan luar negeri.

Selain itu pengelolaan barang kekayaan negara menjadi tanggung jawab Kementerian Luar Negeri, lalu pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kemenlu dan terakhir tujuan terbentuknya Kemenlu adalah pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

HARI MARITIM NASIONAL
Hari Maritim Nasional adalah salah satu hari peringatan di Indonesia yaitu pada tanggal 21 Agustus 1945, 4 hari setelah hari Proklamasi Indonesia di kediaman Ir. Soekarno.

Hari Maritim Nasional menjadi hari nasional sebagai bentuk peringatan untuk para TNI Angkatan Laut yang telah berhasil merebut kembali kuasa dan kedaulatan area perairan Indonesia dari penjajah.

Jauh sebelum kedatangan Jepang di Indonesia kala itu, telah banyak berdiri Kerajaan – kerajaan di Indonesia yang menguasai area maritim Nusantara sehingga memberikan kemakmuran pada rakyatnya.

Hal ini juga menjadi refleksi diri bagi kita untuk tetap menjaga, dan melestarikan area perairan laut supaya terus mampu memberikan kemakmuran dan kehidupan bagi bangsa.

 

hari Penting Di Bulan Agustus

Loading...
Comments
Loading...