Bawaslu Bojonegoro Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019

332

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 di GOR Dabonsia, turut Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Minggu (14/4/2019).

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesai Raya dan dilanjutkan dengan Mars Bawaslu. Selanjutnya, disampaikan sambutan-sambutan, pembacaan pakta Integritas, penyerahan Kartu Identitas Pengawas  Pemilu dan ditutup dengan pembacaan do’a.

Ketua Bawaslu Bojonegoro M. Zaenuri, berkenan memberikan sambutan dengan membacakan sambutan Ketua Bawaslu RI Abhan,SH,MH, dihadapan 4.572 orang, yang terdiri dari 4572 Pengawas TPS, 140 Panwascam dan 430 Panwas desa atau Kelurahan (PPDK).

Dalam kata sambutanya, pihaknya menyampaikan bahwa tugas personil Bawaslu merupakan tugas mulia untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2019. Sehingga, dalam melaksanakan tugasnya, para personil Bawaslu hendaknya harus penuh tanggung jawab dan bermartabat.

“Atas nama Bawaslu RI, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bawaslu provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota, atas kerja kerasnya sejak diawalinya tahapan Pemilu 2019, yaitu sejak tanggal 17 Agustus 2019 hingga Hari tenang ini,” ungkapnya.

Bawaslu Bojonegoro Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 1
Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah foto bersama dengan didampingi Ketua Bawaslu M. Zaenuri dan Forpimda, di acara Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 di GOR Dabonsia, turut Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Minggu (14/4/2019).

Masih menurut Ketua Bawaslu RI Abhan, bahwa puncak kinerja Bawaslu akan diuji pada pemungutan suara yang akan berlangsung besok Rabu tanggal 17 April 2019.

“Dengan Kegiatan Patroli pengawasan Pemilu 2019, Bawaslu bertekad untuk melakukan pengamatan bagi caleg atau tim sukses capres agar tak melakukan kampanya di hari tenang ini dan melakukan pencegahan adanya money politic atau politik uang, serta pelanggaran lainnya,” ujar Abhan dalam sambutanya.

Lanjut Abhan, bahwa money politic itu melecehkan pemilih dan mencederai arti demokrasi sehingga harus diberantas, agar Pemilu 2019 bisa berjalan secara luber, jurdil, berkwalitas dan bermartabat.

“Jangan lupa, dipundak kita diserahkan pengawasan pemilu sehingga kerja kita harus bisa dipertanggung jawabkan kepada masyarakat dan juga kepada Allah SWT Tuhan YME,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, pihaknya berpesan agar anggota Bawaslu, Panwascam, Panwas desa dan kelurahan, Panwas TPS, untuk bersama melaksanakan tugas mengawal dan melakukan pengawasan Pemilu 2019 agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar.


Ketua Bawaslu M. Zaenuri bersama semuaKomisioner Bawaslu membaca ikrar apkta Integritas, di acara Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 di GOR Dabonsia, turut Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Minggu (14/4/2019).

Sementara itu, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam kata sambutanya mengatakan bahwa, Bawaslu harus menjadi sebuah lembaga pengawasan yang independen.

Bawaslu melakukan tugasnya dengan mengedepankan pencegahan sengketa dalam pelaksanaan  Pemilu 2019 ini.

“Bawaslu agar mengawasi saat kotak suara hendak dipakai di masing-masing TPS. Bagaimana, kondisi Kotak suara, apakah masih tersegel apa tidak. Jika kondisi sudah tak bersegel maka jangan diterima,” ungkap Bupati Wanita pertama di Bumi Angling Dharma, Minggu (14/4/2019).

Lanjut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – Pemilu 2019 ini merupakan pemilu serentak yakni pemilu legislatif (pileg) dan Pemilu Presiden – Wakil Presiden (Pilpres), yang digelar secara bersamaan.

“Atas Pemkab Bojonegoro, saya memberikan apresiasi kepada Bawaslu Bojonegoro, yang telah melaksanakan Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 yang digelar di GOR Dabonsia ini,” tegasnya.

Bawaslu Bojonegoro Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 2

Tampak, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah bersama Forpimda dan Komisioner Bawaslu serta ribuan hadirin, di acara Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 di GOR Dabonsia, turut Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Minggu (14/4/2019).

Bu Anna berharap, agar Bawaslu bekerja secara professional dalam melakukan pengawasan dalam mengawal Pemilu 2019 ini.

“Semoga partisipasi masyarakat bisa meningkat. Pilkada 2018 lalu, partisipasi masyarakat Bojonegoro yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 77,4 persen dan menjadi partisipasi tertinggi Se-Kabupaten Bojonegoro. Semoga, dalam Pemilu 2019 ini, partisipasi masyarakat akan semakin meningkat,” kata Bu Anna menegaskan.

Sebelumnya, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli,SH,SIK dan Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, telah memberikan sambutanya, terkait dengan tugasnya sebagai pengaman dalam Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

Acara diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh K. Muryadi yang berasal dari Bawaslu Bojonegoro.

**(Kis/Advertorial).