Bawang Merah Ternyata Cocok Ditanam di Wilayah Desa Cancung, Bubulan

84

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Berkah Sendang Cancung, yang berada di tengah-tengah Desa Cancung itu, sangat dirasakan warga sekitarnya. Selain untuk kebutuhan mandi, mencuci dan kebutuhan lainya. Juga dimanfaatkan warga untuk mengairi puluhan hektar sawah di sekitarnya.

Sendang Cancung yang berada di Desa Cancung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur itu, mulai dimanfaatkan warganya untuk mengairi sawah dengan tanaman bawang merah. Seperti halnya, dilakukan oleh Iskak (45) seorang warga yang tinggal di Dusun Karangpacar, yang berada di desa setempat itu.

Bambang (57) yang setiap hari dikasih mandat untuk memelihara tanaman bawah merah milik Iskak itu mengatakan, penanaman bawah merah di situ sudah dilakukan selama 2 (dua) tahun berjalan. Saat ini, merupakan tanam tahun kedua, dengan tanaman yang sudah mencapai usia sekitar 40 hari.

“Ini sudah tiga kali tanam, selama 2 tahun ini. Alhamdulillah, hasilnya cukup bagus karena pengairannya cukup, dengan dialiri air dari Sendang Cancung,” tegas Bambang, saat ditemui rakyatindependen.co.id saat dirinya merawat tanaman bawah merah itu, Selasa (24/7/2018) siang.

Menurutnya, kali ini bawah merah yang ditanam dengan bibit sekitar 3 Kwintal 25 kilogram. Dikatakan, jika saat ini usia bawang merah tersebut sudah mencaapi 40 hari, sehingga 20 hari lagi, bawah merah tersebut sudah bisa dipanen.

“Tahun yang lalu, panen bawang merah cukup bagus. Mudah-mudahan tahun ini hasilnya juga cukup bagus. Walaupun saya hanya merawat dan bekerja untuk adik saya, tapi kalau hasilnya cukup bagus, saya juga ikut senang mas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala desa Cancung Pujiono, saat dikonfirmasi mengatakan, jika Iskak yang memiliki tanaman bawang merah itu adalah seorang perangat desa dengan jabatan Kaur Pembangunan Desa Cancung, Iskak mencoba memanfaatkan aliran air dari Sendang Cancung untuk mengairi tanaman bawang merah miliknya. Ternyata, cocok dan hasilnya cukup bagus.

“Bersyukur kepada Allah SWT, atas berkah sumber air dari Sendang Cancung yang bisa dimanfaatkan warga untuk kebutuhan air sehari-hari dan aliran airnya juga bisa dimanfaatkan untuk pertanian,” tegas Kades Cancung Pujiono, Rabu (25/7/2018).

Berdasarkan pantauan rakyatindependen.co.id di lokasi yang berada di utara Dusun Cancung (Krajan), baru ada beberapa lahan yang ditanami bawah merah, selebihnya masih ada yang tanam padi dan jagung serta palawija lainnya.

**(Kis/Red).

Loading...
Comments
Loading...