Banjir Bandang, Terjang Wilayah Desa Kunci dan Sumberarum, Dander

0 1,703

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Hujan yang turun beberapa hari, di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, telah membuat beberapa daerah alami banjir. Hal itu, seperti banjir bandang yang terjadi di wilayah Desa Sumberarum dan Desa Kunci, yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Dander, Bojonegoro, Sabtu (22/12/2018) malam.

Banjir bandang tersebut disebabkan adanya Hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 18:10 hingga 19:30 wib yang disertai angin di wilayah selatan Bojonegoro.

Kedua desa tersebut, selalu menjadi langaganan banjir bandang dikarenakan hutan jati di wilayah selatan desa tersebut yang telah gundul sejak terjadinya penjarahan di 1998 silam. Kondisi hutan yang gundul itu, membuat erosi hingga air hujan cepat turun bawah masuk ke wiayah desa, hingga banjir bandang tak bisa dielakkan lagi.

Guna mengantisipasi terjadinya korban dan kerugian material, pihak BPBD Bojonegoro siaga di lokasi terdampak. Tak hanya BPBD saja, anggota Polsek Dander, anggota Koramil Dander, Satpol PP Kecamatan Dander dan Perangkat desa, yakni dari Desa Sumberarum dan Desa Kunci, turut berada di lokasi tersebut.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Nadhif Ulfia kepada para awak media membenarkan jika telah terjadibanjir bandir bandang di wilayah Desa Kunci dan Desa Sumberarum, yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Dander.

Kondisi banjir bandang yang terjang Desa Kunci dan Desa Sumberarum, yang keduanya berada di Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Sabtu (22/12/2018) malam.

“Anggota BPBD Bojonegoro, langsung mendatangi lokasi guna melakukan kaji cepat kejadian banjir bandang dan berkoordinasi dengan Polsek, Koramil dan Perangkat desa setempat,” tegas Nadhif Ulfia.

Pihaknya, juga menghimbau keada masyarakat yang ada di desa terdampak agar selalu waspada terhadap potensi bencana yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian banjir bandang tersebut. Untuk kerugian materi, masih dilakukan pihak anggota BPBD Bojonegoro.

Adapun yang terdampak banjir bandang, yakni,

1. Jalan raya Bojonegoro-Nganjuk sepanjang -+100m tergenang air setinggi -+10 – 30 cm.

2. Beberapa RT di desa Kunci juga terdampak genangan air antara lain RT 009, 010, di RW 001 dan RT 011, 012, 013 yang berada di RW 002.

3. Jalan lingkungan sepanjang -+ 300 m di Dusun Sengon desa Sumberarum tergenang air setinggi -+ 20 – 40 cm.

4. Beberapa halaman dan rumah warga di RT 015 dan 016, turut RW 006 tergenang air setinggi -+20 – 30 cm, adapun dapur warga yang menurut informasi tergenang air setinggi -+ 50 cm.

**(Kis/Red).

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy