Banjir Bandang di Wilayah Kecamatan Gondang, Terjang 167 Rumah dan 2 Rumah Tertimpa Longsor

0 138

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Hujan deras yang diiringi Petir menyambar berkali-kali terjadi di wilayah Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Minggu (3/3/2019), Pukul 14.30 WIB.

Hal itu, mengakibatkan, terjadinya banjir dan tanah longor, di wilayah Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Minggu (3/3/2019) sekira Pukul 15:00 WIB. Sedangkan banjir bandang terjadi di wilayah Desa Gondang, Desa Sambongrejo dan Desa Senganten yang ketiganya berada di wilayah Kecamatan Gondang, Minggu (3/3/2019) sekira Pukul 15:00 WIB.

Plt Kepala pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bojonegoro Nadhif Ulfia membenarkan adanya longsong da banjir di wilayah Kecamatan Gondang, yang diakibatkan oleh hujan lebat yang terjadi, Minggu (3/3/2019) sekira Pukul 15:00 WIB.

“Dari musibah tanah longsor itu menimpa rumah milik Suwito (41) dan rumah milik Siswoko (51) yang keduanya berada Dusun Kadung, Desa Sambongrejo, RT 014, RW 003, Kecamatan Gondang. Rumah terkenan longsor akibat ambrolnya TPT (Tembok Penahan Tanah) sepanjang 20 Meter dan tinggi 2 Meter itu saat diterjang aliran air hujan yang berasal dari sungai yang ada di desa setempat,” ungkap wanita yang akrab disapa Mbak Ulfa itu.

Masih menurut Mbak Ulfa, kedua rumah yang tertimpa longsor itu mengalami rusak sedang. Tentang kerugian materi (kermat) sebesar Rp 10 juta.

“Hujan deras tersebut juga mengakibatkan terjadinya musibah banjir banjir bandang yang menggenangi 167 rumah yang berada di 3 (tiga) yakni, Desa Sambongrejo, Desa Gondang dan Desa Senganten, yang ketiganya berada di Kawasan Wilayah Kecamatan Gondang, Bojonegoro,” ungkap Mbak Ulfa, Minggu (3/3/2019) malam.

Ditambahkan, meluapnya sungai Pacal akibat hujan deras itu, mengakibatkan ratusan rumah terendam setinggi 50 cm dan banjir baru mulai surut sekira pukul 18:00 WIB. Akibat banjir itu, dierkirakan terdapat kerugian materi sebesar Rp 18 juta.

Selain BPBD Bojonegoro, turut membantu menangani tanah longsor dan banjir, anggota Polsek Gondang, anggota Posramil Gondang, Kasi Trantib Kecamatan Gondang Eko Wage S beserta anggotanya, Tagana, Para perangkat desa di desa terdampak serta warga setempat.

Selanjutnya, Tim BPBD Bojonegoro, mendatangi lokasi untuk melakukan assessment dan pendataan rumah warga yang terdampak.

Jika warga mengalami bencana bisa langsung melapor ke Kantor BPBD KABUPATEN BOJONEGORO, yang beralamatkan di Jalan Ahmad Yani, nomor 6, Bojonegoro, telpon (0353) 887811, Frekuensi Radio VHF: Input. :161.130 Output: 166.130, 📬: [email protected], WA/Telegram : +628113356444, Website : http://bpbd.bojonegorokab.go.id, 📷Instagram : @bpbd_bojonegoro, Twitter : @bpbdbjn atau Facebook : Pusdalops Bpbd Bojonegoro.

**(Yus/Red).

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy